Puji Acara Begawi Adat Mancor Rua Zaman Yusee Sogoran, Brigjen Pol Eryadi: Luar biasa

Andi Siskarya
Brigjen Pol Eryadi Puji Acara Begawi Adat Mancor Rua Zaman Yusee Sogoran (Foto: Andi/SMSI)

WAY KANAN, iNews.id - Brigjen Pol Eryadi terkesan dan bangga kepada Yusee Sogoran yang sudah mengangkat dia dan yang lainnya menjadi saudara.

Selain bangga karena telah diangkat sebagai saudara dalam keluarga oleh Yusee, dia sangat terkesan oleh acara dan kegiatan yang digelar olehnya yaitu Begawi Adat Mancor Rua Zaman.

Hal tersebut diungkapkannya saat wawancara bersama awak media di lokasi rangkaian acara Begawi Adat.

"Saya hari ini di Way kanan, dalam rangka pengangkatan dalam adat sebagai keluarga oleh Yusee Sogoran," ungkapnya.

Dia juga mengatakan, memang kebetulan bahwa dia juga berasal dari kabupaten tetangga Way Kanan yaitu Muara Dua, Kabupaten Oku Selatan, jadi Menurutnya adat dan budaya sangat mirip.

"Saya masih asli Muara Dua, bapak saya orang sana, jadi tidak jauh beda adat Way Kanan ini dengan Muara Dua," katanya.

Dia juga mengapresiasi kegiatan begawi adat yang digelar oleh Yusee, menurutnya sangat bagus untuk mengenalkan kembali adat budaya, dan bisa menyambung kembali tali silaturahmi.

"Kesan saya di Way Kanan, sangat luar biasa, dalam suatu ikatan keluarga dan ikatan silaturahmi antar warga Way Kanan. Saya sangat terkesan dengan acara yang diadakan Yusee Sogoran," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Wakil ketua DPRD Way Kanan, yang juga ketua DPD Partai Nasdem Way Kanan Yusee Sogoran dengan Gelar Sutan Unggak Langik, menggelar acara Begawi Adat Mencor Zaman, Minggu (26/6/2022).

Begawi adat Mancor Zaman yang dilakukan oleh Tiuh Gunung Katun, Marga  Baradatu oleh Keturunan Sogoran, berjalan dengan lancar dan dilakukan juga pemberian Gelar Adat oleh Penyimbang Marga Baradatu.

Jenderal yang mempunyai jabatan di Mabes Polri ini diberi Gelar Tuan Perwira Tinggi, sementara istrinya Susi Risdawati mendapatkan Gelar Ratu Sanjungan.

Dari pantauan awak media di lokasi acara pertama kali dimulai pada kamis malam, yaitu Cangget Matah, dan pada hari jum'at acara Manjau Mirul, dilanjutkan pada jumat malam acara Cangget Matah. Kemudian hari sabtu Manjau Jak Kelama, serta sabtu malam Sidang Adat dan Cangget Agung dan puncak kegiatan pada hari minggu begawi sekaligus cacak canang gelar puari oleh Sutan Unggak Langik, dilanjutkan Cangget mejong pada minggu malam.

Editor : Yuswantoro

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network