Bupati Adipati Siap Bermitra dengan PBD DPN Perkasa Way Kanan

A. Natalis Sapta Aji
PBD DPN Perkasa Way Kanan silaturahmi dengan Bupati. (Foto: Ist)

WAY KANAN, iNews.idBupati Way Kanan Raden Adipati Surya sambut baik keberadaan Dewan Pertukangan Nasional Perkumpulan Tukang Bangunan Indonesia (DPN Perkasa) Pengurus Bedeng Daerah (PBD) Way Kanan. Selain itu, Bupati Adipati juga siap bermitra guna menyukseskan program-progran kerja PBD DPN Perkasa Way Kanan.

 

Hal itu disampaikan Adipati saat menerima kunjungan pengurus PBD DPN Perkasa Way Kanan di ruang kerjanya. Adipati juga menginstruksikan PBD DPN Perkasa untuk terus menjalin komunikasi dengan stakeholder terkait agar apa yang menjadi harapan dapat terwujud.

 

Dalam kunjungannya ke Kantor Bupati Way Kanan, Pengurus DPN Perkasa PBD Way Kanan menjelaskan sejarah berdirinya DPN Perkasa.

 

Ketua DPN Perkasa PBD Way Kanan Untung Sanjaya melalui sekretarisnya, Sayuti mengatakan DPN Perkasa memiliki fungsi untuk peningkatan kompetensi tukang bangunan sebagai tenaga kerja terampil konstruksi melalui Program Percepatan Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi Indonesia yang telah dicanangkan pemerintah pusat pada 19 Oktober 2017.

 

Sayuti membeberkan landasan hukum peraturan perundang undangan jasa konstruksi untuk kegiatan DPN Perkasa mengacu pada UU no 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi, UU no 11 Tahun 2021 tentang Cipta Kerja, UU 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, Peraturan Pemerintah (PP) no 22 Tahun 2020 Peraturan Pelaksanaan UU no 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi, PP no 14 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah No 22 Tahun 2020 tentang Peraturan Pelaksanaan UU No 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi dan Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi no : KEP. 16/MEN/2021 tentang Tata Cara Pencatatan Serikat Pekerja/Buruh.

DPN Perkasa sebagai Pembina perencanaan, pelaksanaan serta pengawasan konstruksi bertanggung jawab terhadap ketrampilan, handalnya para pekerja konstruksi. Tanpa itu sekali lagi, tidak akan terbangun jembatan, jalan gedung dan bangunan-bangunan lain. Sertifikat ketrampilan harus dipunyai tukang untuk meningkatkan keterampilan kerja, mutu bangunan.

 

Dirinya berharap, DPN Perkasa PBD Way Kanan dapat bermitra dengan Pemda Way Kanan untuk melaksanakan sosialisasi serta pelatihan dan sertifikasi tukang bangunan di Bumi Ramik Ragom.

 

Peran tukang sebagai bagian dari tenaga kerja konstruksi dalam pembangunan infrastruktur di Way Kanan sangat penting. Tukang di lapangan juga menentukan kualitas bangunan. Sertifikat Itu adalah standarisasi kompetensi tenaga kerja, baik itu tukang ahli, madya maupun terampil, selain bertujuan untuk mengukur kompetensi para tenaga kerja konstruksi, sertifikasi juga akan memudahkan tenaga kerja mendapatkan pekerjaan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan.

 

"Kami berterima kasih hari ini, Bupati Way Kanan bisa menerima audiensi dengan PBD DPN Perkasa Way Kanan. Dan juga kesiapan pemda untuk bermitra dalam pelatihan dan sertifikasi tukang bangunan yang ada di Way Kanan,” ujarnya.

 

Editor : A. Natalis Sapta Aji

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network