Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Way Kanan Gelar Refleksi Keorganisasian di Umpu Semenguk

Mulya
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Way Kanan Gelar Refleksi Keorganisasian di Umpu Semenguk, (Foto: LTNU)

WAY KANAN, iNewsWayKanan.id -Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Way Kanan melaksanakan Refleksi Keorganisasian Nahdlatul Ulama Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Way Kanan yang mengambik tema menyebarkan Aswaja meneguhkan komitmen kebangsaan dan keorganisasian, Bertempat di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Al Muhsin, Kecamatan Umpu Semenguk, Minggu (06/10/2024).

Ketua PCNU Way Kanan, KH Nurhuda Menyampaikan bahwa acara tersebut sangat penting untuk merefleksikan program organisasi, Namun sangat disayangkan masih banyak yang tidak hadir.

"Oleh sebab itu semua yang hadir saat ini adalah keikhlasan untuk berkhidmat pada Nahdlatul Ulama,"jelas KH Nurhuda.

KH Nurhuda mengatakan berkhidmat itu adalah mengupayakan keihklasan untuk membangun tujuan dari organisasi.

"Tujuannya dari kegiatan ini adalah bagaimana untuk memahami tentang struktur dan program organisasi, oleh sebab itu dengan kegiatan ini maka akan diketahui bagaimana program organisasi kedepannya," kata KH Nurhuda.

Materi pertama dibahas terkait penguatan keorganisasian tentang keaswajaan yang disampaikan oleh Katib Syuri'ah PCNU Way Kanan, Ali Murtadho 

Ali Murtadho mengatakan kunci Keberhasilan Berkhidmah adalah Penguatan Organisasi, Ia menyebut bahwa kunci keberhasilan dalam memberikan khidmah kepada masyarakat adalah dengan melakukan penguatan organisasi. 

“Karena yang namanya organisasi itu memerlukan perpanjangan, yaitu struktur. Maka penguatan organisasi menjadi kunci,”jelas Ali Murtadho.

Ali Murtadho mencontohkan, fungsi pelayananan kepada masyarakat yang dilakukan PCNU akan menjadi lemah jika tidak didukung oleh struktur yang ada di tingkat MWC, dan ranting. Termasuk lembaga-lembaga yang menjadi ujung tombak.

“Maka dengan membedah arah kebijakan organisasi dalam konteks melakukan pemetaan klasterisasi kaderisasi, bahkan akreditasi itu adalah bagian dari penguatan struktur kelembagaan,”kata Ali Murtadho.

Sementara Wakil ketua PCNU Way Kanan, Syahrul Muharomi menyampaikan sebagai upaya memperkuat kaderisasi, PCNU Way Kanan telah menyelenggarakan 23 kali menyelenggarakan kegiatan Pendidikan Dasar Pendidikan Kader Penggerak Nahdatul Ulama (PD PKP NU).

Syahrul Muharomi mengatakan pendidikan tersebut bertujuan untuk memberikan pembekalan pendidikan dasar bagi kader NU yang militan, tangguh, berdedikasi tinggi, kiprah dimasyarakat dan bermanfaat bagi umat. 

"Peserta kegiatan ini adalah pengurus NU dari berbagai daerah di Kabupaten Way Kanan meliputi perwakilan Ranting, MWCNU, Banom, dan Lembaga.

Dijelaskan Syahrul pada kegiatan pengkaderan memberi pembekalan pendidikan dasar kader Nahdatul Ulama yang militan, tangguh, berdedikasi tinggi, dan bermanfaat bagi umat. Mereka ini diharapkan bisa mewarnai di tengah masyarakat masing-masing.

"Kaderisasi di NU untuk internal merupakan bagian dari pemahaman Aswaja dan ke-NU-an secara lebih mendalam dan ini diwajibkan untuk struktur di Nahdatul Ulama, Pengurus NU dan warga NU agar bisa memahami Aswaja secara sama.

Selain itu juga disampaikan bahwa keder NU di Kabupaten Way Kanan saat ini berjumlah dua ribu lebih hasil dari pengkaderan yang dilakukan selama ini.

Editor : Yuswantoro

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network