get app
inews
Aa Read Next : LDII dan Ketum MUI Yakini Kebebasan Beragama adalah Identitas Bangsa

Keren, Inilah 6 Negara yang Menggunakan Bahasa Indonesia

Minggu, 19 Juni 2022 | 10:39 WIB
header img
Inilah 6 Negara yang Menggunakan Bahasa Indonesia (Foto : Twenty20photos/Elements Envato)

JAKARTA, iNews.id - Tahukah kamu jika ternyata ada negara yang menggunakan Bahasa Indonesia selain negara kita?
Mengutip laman Kemdikbud, Bahasa Indonesia telah menjadi bahasa terbesar di Asia Tenggara dan telah mencakup 47 negara di seluruh dunia.

Penasaran dengan negara mana saja yang menggunakan Bahasa Indonesia? Berikut ini daftarnya.

6 Negara yang menggunakan Bahasa Indonesia
1. Vietnam
Sama-sama berada di Asia Tenggara, Vietnam menjadikan Bahasa Indonesia sebagai resmi ke-2 di negara tersebut.
Hal ini dikarenakan adanya hubungan bilateral antara Vietnam dan Indonesia.

2. Australia
Negara tetangga kita yang juga menggunakan Bahasa Indonesia adalah Australia. Di negeri Kanguru ini, Bahasa Indonesia masuk sebagai mata pelajaran wajib di sekolah-sekolah. 

Salah satu sekolah yang mewajibkan pelajaran Bahasa Indonesia adalah Burgmann Anglican School di Ibu Kota Canberra dan University of Southern Queensland. Tak heran jika berkunjung ke Australia, kamu akan menemukan anak-anak usia 6 tahun sudah fasih Bahasa Indonesia.

3. Jepang
Hubungan bilateral yang kuat antara Jepang dan Indonesia turut meningkatkan minat masyarakat Jepang untuk mempelajari Bahasa Indonesia. Tak hanya bahasa, masyarakat Jepang juga punya antusias tinggi untuk mempelajari berbagai kebudayaan bangsa kita.

Sama seperti di Australia, di beberapa sekolah di Jepang menjadikan Bahasa Indonesia sebagai salah satu mata pelajaran wajib bagi siswa.

4. Kanada
Banyaknya tenaga kerja Indonesia di Kanada membuat negara tersebut menganggap Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang penting. Negara Kanada bahkan menganggap warga negaranya harus bisa berbahasa Indonesia dengan lancar.
Saat ini, di Kanada sudah banyak ditemui berbagai tempat kursus untuk belajar Bahasa Indonesia.

5. Ukraina
Salah satu universitas terkenal dan terbesar di Ukraina, Taras Shevcenko National University of Kyiv membuka Program Studi Bahasa Indonesia sejak tahun 2012.
Pemerintah Indonesia juga ikut mendukung program ini dengan cara memberikan beasiswa kepada mahasiswa asing yang berkuliah di sana.

6. Suriname
Sekitar 14 persen dari total penduduk Suriname adalah orang Indonesia yang dulunya dibawa oleh pemerintah Hindia Belanda untuk dijadikan buruh. Tak heran jika disini, Bahasa Indonesia dijadikan sebagai sebuah program studi.

Itulah deretan negara yang menggunakan Bahasa Indonesia dan mempelajarinya. So, kita wajib bangga dong karena bahasa nasional kita banyak diapresiasi di negara lain.

Editor : Yuswantoro

Follow Berita iNews Waykanan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut