get app
inews
Aa Read Next : Jelang Lebaran, Jasad Pelajar Ditemukan Tewas dalam Kondisi Gantung Diri di Lampung

Terpesona Indahnya ‎Wisata di Lampung, Katerina: Bagi Saya Lampung Menjadi Rumah kedua

Minggu, 19 Juni 2022 | 11:42 WIB
header img
Katerina, seorang travel writer asal Tangerang Selatan yang terpesona dengan keindahan alam Lampung. (Foto: dok. Katerina)

LAMPUNG, iNews.id - Setidaknya ada 22 tempat wisata di Provinsi Lampung yang menarik kekaguman seorang travel writer asal daerah Bumi Serpong Damai (BSD) Tangerang Selatan, hingga membuat dirinya jatuh cinta dan sampai-sampai serasa ingin pindah ke Lampung.

 

Travel writer cantik bernama Katerina ini‎ bertekuk lutut, setelah merasakan langsung betapa nyaman dan indahnya sejumlah tempat wisata alam yang tersebar di beberapa daerah di Bumi Ruwa Jurai pada kesempatan traveling yang dilakukannya sejak Agustus 2015 hingga April 2017 lalu.

 

‎Menurut pengakuan Ibu dua anak ini, dalam 13 kali kunjungannya itu, ia merasa kunjungannya selalu berkesan. "Serasa jadi ingin pindah rumah. Habis datang sekali, pasti bikin mau datang lagi," ungkap wanita berhijab ini.

Katerina menyebutkan, tempat yang ia kunjungi kebanyakan wisata alam, sisanya wisata kuliner, wisata budaya dan sejarah. 

 

Berikut beberapa tempat yang pernah dikunjunginya. Dimulai dari Wisata Alam Gigi Hiu yang memiliki waktu tempuh dari kota Bandar Lampung berkisar 3,5 - 4 Jam. Katerina dapat menikmati indahnya panorama gugusan batu kapur yang terhempas ombak, terlebih saat gugusan tersebut diterpa sinar mentari senja yang menambah eksotis pemandangan.

 

Tak jauh dari Gigi Hiu, Wisata Teluk Kiluan juga tak luput dari jejaknya, meski jalan yang dilalui hanya 7Km dari lokasi gigi hiu dengan kondisi jalan belum mulus, dan terkesan seperti sirkuit offroad, justru hal tersebut yang membuat dirinya ditantang untuk melaluinya.

Selanjutnya Taman Nasional Way Kambas, yang menawarkan kita untuk lebih dekat dengan hewan berbelalai panjang. Di sini Katerina merasakan hal yang berbeda dari tempat wisata lainnya di Lampung, karena dirinya dapat menyentuh, bahkan manaiki Gajah.

 

Air Terjun Lembah Pelangi yang ada di Kabupaten Tanggamus, juga menjadi sasarannya. Di tempat yang masih asri dan sejuk ini, menurut Katerina kita dapat menikmati pemandangan air terjun yang masih alami, dengan panorama tanaman kopi saat perjalanan menuju lokasi tersebut.

 

 

Dari Air terjun Lembah Pelangi, Katerina juga mencuri kesempatan untuk mengunjungi Danau Hijau Ulu Belu yang tak jauh dari lokasi Air Terjun Lembah Pelangi, di sini dirinya menikmati air danau yang hijau toska sangat kontras dengan tanah sekelilingnya yang berwarna merah. Keunikan warna air danau inilah yang membuat banyak traveler tertarik untuk datang.

 

Air Terjun Puteri Malu yang terletak di Kecamatan Banjit Kabupaten Way Kanan ini juga memiliki daya tarik tersendiri, dimana terdapat jalur track trail adventure sepanjang 7Km untuk menuju Air Terjun Putri Malu ini, setelah semua tantangan dan rintangan kita lalui, semua jerih payah akan ditebus oleh eksotisnya air terjun ini. Deburan air yang jatuh dari ketinggian 100m itu tak jarang membuat sejuknya embun menerpa tubuh setiap pengunjungyang ada di bawahnya. 

 

Selanjutnya Danau Ranau, tempat wisata yang terletak di perbatasan Provinsi Lampung dan Sumatera Selatan ini terdapat di Kabupaten Lampung Barat. Danau dengan luas 125,9Km ini memiliki panorama bukit dan lembah, hal ini yang membuat Danau Ranau tak hanya memiliki pemandangan yang indah, namun juga memiliki udara yang segar.

 

Selain tempat-tempat di atas, Katerina juga pernah menapakkan kakinya di Air Terjun Way Lalaan, Pulau Mengkudu, Batu Lapis, Batu Granit Tanjung Bintang, Kahai Beach, Taman Kupu-Kupu Gita Persada, dan Pulau Pisang. Kemudian juga ada Pulau Sebuku, Pulau Sebesi, Pulau Umang-Umang, Gunung Anak Krakatau (kategori cagar alam), Pulau Rakata (snorkeling), Pantai Labuhan Jukung, Pantai Tanjung Setia, dan Museum Ketransmigrasian.

Katerina yang lahir di Palembang, Sumatera Selatan ini, rupanya gemar mengunjungi wisata alam, kuliner, budaya dan sejarah memang sudah sejak lama, ketika ia dipersunting lelaki ganteng dan mapan keturunan Jawa, sejak 15 tahun silam. Sampai saat ini sudah 12 artikelnya tentang wisata Lampung dimuat di media massa (koran dan majalah), 40 tulisan di blog personal, dan 2 video wisata Lampung ditayangkan di televisi nasional.

 

Adapun alasan dirinya memilih berwisata? Katerina mengungkapkan berwisata punya banyak manfaat dalam hidup. Diantaranya, membuka wawasan dan mengenal banyak budaya dan teman baru. Dengan mengunjungi banyak tempat, ia mengakui akan mendapat pola pikir yang lebih baik. Terutama ketika sedang “stres”. “Berwisata bisa untuk refreshing,” tutur wanita yang pernah diundang mantan Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo untuk diminta menjelaskan bagaimana keindahan wisata di Lampung. 

 

Katerina, dipercaya menjadi salah satu narasumber acara yang digelar di Kota Kasablanka sejak 3 hingga 9 Mei 2017 lalu. Acara tersebut merupakan event dengan berbagai sesi terkait dunia marketing yang mengusung tema “Lifestyle and the City”. Dimeriahkan oleh berbagai komunitas mulai dari artis, kalangan bisnis, dan pemerintah.

“Kalau pertama berwisata itu sejak saya menikah. Kalau mengenai pengalamannya sih, dulu hanya disimpan dalam ingatan. Tidak ditulis seperti sekarang ada blog dan medsos. Pokoknya dulu itu tiap suami keluar kota saya ikut ke daerah manapun,” bebernya.

 

Tempat terindah di Lampung? Katerina menuturkan ada di Wisata Alam Gigi Hiu, Kiluan, Air Terjun Puteri Malu Way Kanan, Pulau Pisang Pesisir Barat, Gunung Krakatau dan pulau-pulau sekitarnya, dan yang paling disuka adalah Way Kambas, karena bisa dekat dengan gajah.

 

“Saya cinta Lampung. Bagi saya Lampung sudah menjadi rumah kedua saya,” pungkasnya.

Editor : A. Natalis Sapta Aji

Follow Berita iNews Waykanan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut