Logo Network
Network

Pemuda Dapat Belajar di Karang Taruna Sebelum Turun ke Politik

Riana Rizkia
.
Senin, 20 Juni 2022 | 08:06 WIB
Pemuda Dapat Belajar di Karang Taruna Sebelum Turun ke Politik
Penasehat DPC Partai Perindo Gambir Rohiman (Foto ; Riana)

JAKARTA, iNews.id - Penasehat DPC Partai Perindo Gambir, Rohiman mengatakan karang taruna dapat menjadi salah satu langkah awal anak muda sebelum terjun ke dunia politik sesungguhnya. Menurut Rohiman, politik sudah terjadi di lingkungan rukun tetangga (RT), maka penting untuk anak muda bergabung dalam organisasi lingkungan setempat. 

"Pemuda itu agen perubahan, kita ga perlu pesimis lah, nah itu ada di karang taruna awal. Kita mementingkan secara organisasi itu di karang taruna," kata Rohiman dalam Podcast Aksi Nyata yang disiarkan di Youtube partai Perindo, Minggu (19/6/2022). 

Dengan menjadi bagian dari karang taruna, kata Rohiman, anak muda akan lebih mudah mengenali jati dirinya. 

"Kita mengenal jati diri kita, kita bisa digembleng, mungkin selama di keluarga kurang, tapi di organisasi bisa," kata Rohiman. 

Tidak hanya membangun kesadaran politik sejak dini, dan menemukan jati diri, Rohiman mengatakan di karang taruna pemuda juga dapat menumbuhkan jiwa sosial. 

"Pertama (manfaatnya) adalah kita mengambil silahturahmi, pertemanan, ternyata di karang taruna ini sangat erat sosialnya," ucap Rohiman. 

"Karena akan tumbuh jiwa sosial di karang taruna itu, memang tidak dibayar, tapi dengan keikhlasan dan semangat, ternyata di karang taruna kita bisa belajar caranya bersosial" sambungnya. 

Beranjak dari karang taruna, nantinya pemuda akan lebih mudah dan siap jika ingin bergabung dengan organisasi yang lebih besar, termasuk organisasi politik.

Editor : Yuswantoro

Follow Berita iNews Waykanan di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.