Logo Network
Network

Didominasi Pertalite, Pendaftar MyPertamina Tembus 1 Juta Kendaraan

Mochamad Rizky Fauzan
.
Kamis, 01 September 2022 | 10:15 WIB
Didominasi Pertalite, Pendaftar MyPertamina Tembus 1 Juta Kendaraan
Didominasi Pertalite, Pendaftar MyPertamina Tembus 1 Juta Kendaraan (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - PT Pertamina Patra Niaga menyampaikan, pendaftar Program Subsidi Tepat melalui platform MyPertamina telah melebihi dari 1 juta unit kendaraan. Dari angka tersebut, pengguna Pertalite mendominasi pendaftaran.

"Hingga akhir Agustus ini sudah lebih dari satu juta unit kendaraan yang didaftarkan dalam Program Subsidi Tepat. Dari seluruh kendaraan tersebut sedikit ada pergeseran, dimana persentase jenis kendaraan Pertalite hampir 70 persen dan kendaraan pengguna Solar subsidi yang didaftarkan meningkat menjadi lebih dari 30 persen," ujar Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting dalam keterangan tertulis dikutip, Kamis (1/9/2022).

Irto menambahkan, pengguna Pertalite yang mendaftar masih didominasi pengguna pribadi. Sedangkan, untuk Solar komposisinya cukup seimbang antara pengguna pribadi dan kendaraan umum.

Program Subsidi Tepat bertujuan untuk mendata kendaraan yang menggunakan Pertalite dan Solar. Irto menuturkan, pihaknya perlu mendata konsumsi BBM bersubsidi, sehingga penyalurannya bisa lebih termonitor dan mencegah kecurangan atau penyalahgunaan di lapangan.

Saat ini Pertamina fokus pada pendaftaran dan sosialisasi, memastikan kesiapan sistem, serta operasional di lapangan, sambil terus memantau perkembangan revisi Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 yang menjadi regulasi acuan penetapan penyaluran BBM bersubsidi.

Untuk meningkatkan jumlah pendaftar, Pertamina terus menambah titik booth pendaftaran langsung. Bagi masyarakat yang memiliki akses internet dan ponsel, pendaftaran daring juga terus dipastikan tidak ada kendala melalui laman subsiditepat.mypertamina.id dan menu Subsidi Tepat di aplikasi MyPertamina.

Terdapat lebih dari 1.300 titik booth pendaftaran luring yang tersebar di seluruh Indonesia. Lokasi pendaftaran bisa dicek langsung melalui https://mypertamina.id/lokasi-pendaftaran-offline-bbm-subsidi-tepat.

"Selain mendorong masyarakat mendaftar, kami juga memastikan proses verifikasi berjalan dengan maksimal, sehingga prosesnya bisa tepat waktu,” ucap Irto.

Dia juga mengingatkan masyarakat yang merasa berhak mendapatkan BBM subsidi agar segera mendaftarkan kendaraan mereka. Pihaknya saat ini sedang menguji coba kesiapan verifikasi kode QR di beberapa titik.

Ke depan, program Subsidi Tepat itu akan disinergikan dengan regulasi penetapan penyaluran BBM subsidi yang ditentukan pemerintah.

"Ini adalah langkah pemerintah dan Pertamina dalam memastikan subsidi BBM menjadi lebih tepat sasaran sebagai bentuk perlindungan kepada masyarakat yang memang berhak menikmati subsidi BBM, masyarakat rentan yang memang butuh energi dengan harga terjangkau untuk kebutuhan mereka," tuturnya.

 

 

Editor : Yuswantoro

Follow Berita iNews Waykanan di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.