get app
inews
Aa Read Next : Profil Andriano Dwiki Agusta Ketua DPD PAN Way Kanan yang Calonkan Diri sebagai Caleg DPRD Lampung

Jadi Salah Satu Suku Terbesar di Indonesia, Inilah 9 Fakta Unik Suku Batak

Jum'at, 23 September 2022 | 14:07 WIB
header img
Jadi Salah Satu Suku Terbesar di Indonesia, Inilah 9 Fakta Unik Suku Batak, Foto: iNews.id

JAKARTA, iNewsWayKanan.id - Suku Batak merupakan suku yang dinilai mudah berbaur dengan peradaban modern namun tetap mempertahankan tradisinya, Jum'at 23 September 2022.

Kali ini iNewsWayKanan.id akan merilis fakta fakta unik suku Batak yang menarik untuk diketahui, sebagaimana dilansir dari iNews id.

Menjadi salah satu suku terbesar di Indonesia, suku Batak memiliki banyak keunikan dan ciri khas tersendiri. Selain memiliki marga, mereka juga memiliki binatang yang biasanya digunakan sebagai simbol.

1. Mangulosi

Ulos merupakan kain tradisional yang berasal dari Batak, Kedudukan kain ulos hampir dengan kain batik yang berasal dari Jawa dan juga kain tenun yang berasal dari Nusa Tenggara Timur.

Kain ulos memiliki banyak jenis. Macam-macam ulos digunakan tergantung fungsi pemakaiannya dan acara yang akan di datangi. Misalnya, Penggunaan jenis kain ulos pada upacara kematian dengan pernikahan berbeda. Selain itu, kain ulos juga menunjukkan kasta sosial seseorang dalam lingkungan. 

2. Mandok Hata 

Mandok Hata merupakan kegiatan berbincang-bincang yang dilakukan pada saat menjelang tahun baru dan kumpul keluarga besar. Mereka akan saling bercerita satu sama lain tentang hal-hal yang telah dilakukan satu tahun kebelakang.

Pada momen Mandok Hata juga biasanya akan saling meminta maaf dan kemudian merencanakan hal yang ingin dicapai di tahun depan. Biasanya Mandok Hata akan dilakukan oleh orang yang lebih tua terlebih dahulu kemudian berurutan ke anak yang paling kecil.

3. Martarombo

Martarombo adalah sebuah tradisi komunikasi suku Batak yang biasanya dilakukan saat berkenalan dengan sesama suku Batak. Tradisi ini dilakukan untuk membentuk tali kekerabatan dengan sesama suku Batak dengan cara mencari hubungan marga dari kedua pihak yang berkenalan. Bagi orang Batak yang sudah berkeluarga, hal ini wajib diketahui. Karena akan berhadapan dengan peristiwa adat yang menuntut pemahaman tersebut. 

4. Cicak dan Suku Batak

Cicak menjadi salah satu hewan yang menjadi lambang khusus bagi suku Batak. Lambang cicak ini biasa dijumpai di rumah suku Batak. Hal ini menjadi panutan karena cicak mudah beradaptasi dan bertahan hidup dimanapun. Dapat diartikan suku Batak harus pergi keluar daerah untuk mencari peruntungan dan harus bisa beradaptasi dimanapun dia berada.

5. Tuhor 

Tuhor merupakan uang yang nantinya akan digunakan untuk membeli perempuan ketika seorang laki-laki akan melamar. Tuhor digunakan sebagai biaya pernikahan, seperti membeli kebaya pengantin perempuan dan memenuhi perlengkapan pernikahan lainnya.

Hal ini biasanya tergantung kepada kesepakatan dari kedua belah pihak. Besarnya Tuhor yang diberikan biasanya tergantung pada tingkat pendidikan dan posisi pekerjaan perempuan. Semakin tinggi tingkat pendidikan atau posisi pekerjaan, maka semakin besar Tuhor yang diberikan. 

6. Boleh Menikah Dengan Sepupu

Salah satu adat suku Batak yaitu diperbolehkan menikah dengan sepupu. Namun, sepupu yang akan dipilih tidak sembarangan. Pernikahan dengan sepupu atau biasa disebut dengan Pariban bisa dilakukan jika orangtua seorang perempuan, maka orang tua dapat menikah dengan anak laki-laki dari adik perempuan ayah. Jika orang tua seorang laki-laki, maka diperbolehkan untuk menikah dengan anak perempuan dari adik laki-laki ibu.

7. Tidak Boleh Menikah dengan Satu Marga

Suku Batak tidak memperbolehkan menikah dengan satu marga. Alasannya, beberapa marga dalam suku Batak masih dianggap sebagai silsilah yang berarti masih termasuk kedalam keluarga. 

Oleh karena itu jika masih satu marga tidak diperbolehkan untuk menikah. Hal ini juga menjadi sebuah tradisi jika dalam sebuah perkenalan dengan orang baru hal yang pertama kali ditanyakan adalah marganya.

8. Memiliki Beberapa Sub Suku

Sama seperti suku Jawa, suku Batak juga terdiri dari berbagai sub suku. Dilansir dari Tarombo Borbor Marsada, suku Batak memiliki 11 sub suku yang tercatat, yaitu Batak Karo, Batak Toba, Batak Papa, Batak Simalungun, Batak Angkola, Batak Mandailing, Batak Dairi, Batak Nias, Batak Alas, Batak Gayo, dan Batak Kluet.

9. Konsep Rumah Batak

Rumah adat dari suku Batak memiliki ciri khas bentuk atap yang melengkung dan pada ujung atas sebelah depan diletakkan kepala tanduk kerbau, sehingga rumah adat ini berbentuk menyerupai kerbau. Atap yang melengkung seperti punggung kerbau dan tiang-tiang pada kolong rumah adalah sebagai kaki kerbau.

Itu 9 daftar fakta unik suku Batak yang menarik untuk diketahui, dari fakta-fakta di atas memiliki keragaman nilai budaya yang diterapkan untuk mengatur norma yang berlaku di masyarakat.

*Sumber iNews.id, Judul: Fakta Unik Suku Batak 

 

 

 

 

Editor : Yuswantoro

Follow Berita iNews Waykanan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut