get app
inews
Aa Read Next : LDII Apresiasi Timnas Indonesia U-23: Mereka Pahlawan Bangsa yang Layak Dihargai

Pegiat Literasi Terbitkan Antologi Puisi

Selasa, 22 November 2022 | 20:26 WIB
header img
Pegiat Literasi Terbitkan Antologi Puisi, Foto: Cover Buku/Eko.

WAY KANAN, iNewsWayKanan.id - Komunitas Sastra Krajan bekerjasama dengan Perkumpulan Literasi Jember menghimpun 154 tulisan penyair Indonesia. Tulisan yang dihimpun dalam buku antologi puisi berjudul "Upacara Tanah Puisi" itu adalah tulisan hasil kurasi menurut penilaian penerbit Krajan Pustaka tahun 2022. 

Terdapat dua pegiat literasi Way Kanan yang tulisannya lolos kurasi dalam antologi tersebut, yakni Eko Prasetyo dan Erfin Wijayanti.

Eko menyampaikan bahwa buku tersebut berisi tulisan berupa puisi-puisi dari para penyair se-tanah air yang menurut penerbit telah memenuhi standar penilaian puisi. 

"Geliat menulis ihwal sastra, terutama puisi memang masih diminati oleh sebagian kalangan. Terbitnya buku antologi itu menandakan bahwa masih ada karya tulis yang terus lahir dengan kualitas yang baik. Semoga literasi di Way Kanan terus menumbuhkan potensi karya tulis yang semakin menggembirakan," ujar Eko. Selasa (22/11).

Senada juga disampaikan oleh Erfin Wijayanti selalu pegiat literasi dari komunitas Spirit Nabawiyah Community, bahwa perlu lebih banyak lagi ruang kreatif untuk menggali potensi masyarakat yang menggandrungi dunia tulis menulis.

"Event menulis seperti ini perlu banyak digelar, terutama di Way Kanan agar lebih banyak penulis-penulis yang tumbuh dengan karyanya. Adanya buku ini semoga menambah khasanah sastra di Way Kanan," papar Erfin Wijayanti yang juga bekerja sebagai pendidik.

Sementara itu, sastrawan sekaligus peneliti BRIN, Mashuri dalam kata pengantarnya menyebutkan bila berpuisi sebagai upacara, maka itu sebentuk upaya membabtiskan puisi dalam pesta yang mengarah pada sublimitas, spiritualitas dan sakralitas.

Editor : Yuswantoro

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut