get app
inews
Aa Read Next : Jelang Pilkada, Kapolda Lampung Ingatkan Anggotanya: Kita Tidak Berpolitik

LDII Ingatkan Pendidikan Hak Anak yang Harus Dipenuhi

Kamis, 25 Juli 2024 | 08:16 WIB
header img
LDII Ingatkan Pendidikan Hak Anak yang Harus Dipenuhi, (Foto: LDII)

JAKARTA, iNewsWayKanan.id - Mengenai pemenuhan hak anak, keluarga merupakan akses pendidikan pertama dan utama dalam berbagai macam aspek pengetahuan. Mendidik seluruh anggota keluarga untuk menyadari pentingnya kesehatan, juga sekaligus membiasakan anak hidup sehat sejak dini.

Hal itu diungkapkan Ketua LDII Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Kesejahteraan Keluarga (PPKK) Siti Nurannisaa menanggapi Hari Anak Nasional yang ditetapkan pada 23 Juli. Penetapan itu selaras dengan pengesahan Undang-Undang No.4 Tahun 1979 mengenai kesejahteraan anak.

Mengenai pendidikan dari keluarga, Nisa menjelaskan, anak memahami dan sadar mengenai kesehatan diawali didikan keluarga. "Setelah itu berlanjut ke lembaga pendidikan," ujarnya. "Tanpa akses pendidikan itu, anak-anak tidak mendapatkan pengetahuan yang diperlukan tentang praktik kesehatan yang baik, kurangnya pengetahuan dapat menyebabkan akses mereka ke berbagai fasilitas hidup terhambat," kata Nisa.

Dalam hal itu, lembaga pendidikan dan lingkungan juga berperan mengintegrasikan program kesehatan dalam kurikulum ajar. Nisa mencontohkan, sekolah yang baik menyediakan layanan kesehatan dasar, imunisasi, serta pemeriksaan kesehatan rutin. Karenanya orang tua perlu sadar hak anak untuk sekolah. "Anak-anak yang tidak bersekolah akan kehilangan akses ini, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan yang tidak terdeteksi dan tidak diobati," katanya.

Mengutip laman UNICEF, PBB yang telah menetapkan Konvensi Hak Anak (KHA) pada pasal 24 menjelaskan bahwa anak berhak dijamin oleh negara untuk tumbuh sehat dan mendapat pendidikan layak di sekolah.

Hak Mendapat Pendidikan dan Kesehatan dengan Pembiasaan Pendidikan lewat kebiasaan yang optimal, kata Nisa, membuat anak-anak belajar tentang pentingnya kesehatan sejak usia dini serta gaya hidup sehat. "Kebiasaan hidup sehat yang membentuk perilaku akan bertahan seumur hidup. Dan sekolah-lah yang mengajari program kesehatan berkelanjutan," kata Dosen Ilmu Komunikasi Visual Universitas Tarumanegara itu.

Keteladanan menjadi salah satu unsur penting dalam pembiasaan, karena itu orang dewasa di sekitar anak juga perlu menerapkan gaya hidup sehat. Sifat anak-anak salah satunya adalah peniru perilaku orang dewasa di sekitar mereka, "Dengan menunjukkan perilaku sehat akan memberikan pengaruh positif. Sekolah juga bisa mempromosikan kesehatan lewat kampanye yang bekerjasama dengan orang tua atau lingkungan sekitar."

Tak hanya kesehatan fisik, stakeholder pendidikan anak perlu memahami dan menyadari pengelolaan mental anak lewat bimbingan konseling. Hal itu diperlukan agar anak mampu mengelola stres sejak dini, meregulasi emosi, dan mengembangkan bakat serta keterampilan yang dimiliki.

LDII salah satunya menjadi penyedia edukasi kesehatan dari unsur keluarga sampai pendidikan formal, informal, dan non formal sejak usia dini dan berkelanjutan. Lembaga pendidikan yang dinaungi LDII baik sekolah atau pondok pesantren telah mengupayakan penyediaan unit kesehatan serta berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan dan stake holder setempat untuk edukasi kesehatan berkelanjutan melalui penyuluhan, pembinaan, seminar, workshop, dan lainnya. 

Sinergi tersebut menjadi upaya positif meningkatkan kesadaran dan partisipasi dalam praktek kesehatan yang baik. Karena itu, Nisa menekankan, lembaga pendidikan juga perlu bersinergi dengan semua pihak dalam menciptakan lingkungan sekolah yang aman, nyaman dan sehat dengan memastikan fasilitas kebersihan dan sanitasi memadai, makanan bergizi di kantin, hingga perlindungan dan pencegahan dari berbagai tindak kekerasan atau bullying.

Editor : Yuswantoro

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut