get app
inews
Aa Read Next : Polisi Tangkap 2 Terduga Pelaku Pencabulan di Labuhan Maringgai 

PDI P Berikan Surat Tugas ke Hamartoni Ahadis sebagai Balon Bupati di Pilkada Lampung Utara

Jum'at, 26 Juli 2024 | 19:44 WIB
header img
DPP PDI P Berikan Surat Tugas kepada Hamartoni Ahadis sebagai Balon Bupati di Pilkada Lampung Utara, (Foto: Jimi iNews TV).

LAMPUNG UTARA, iNewsWayKanan.id - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) secara resmi mengeluarkan surat kepada Hamartoni Ahadis, sebagai calon kepala daerah untuk di Pilkada Kabupaten Lampung Utara 2024.

Surat tugas tersebut diserahkan langsung Ketua DPD PDIP Lampung, Sudin didampingi Ketua Bappilu PDIP Lampung Umar Ahmad di kantor PDIP setempat, Jumat (26/7/2024).

Hamartoni mengatakan, hari ini ia terima surat tugas sebagai calon bupati Lampung Utara.

Bung Ton sapaan Hamartoni menyebut usai menerima surat tugas itu, dirinya diminta untuk membangun komunikasi dengan partai politik dan mencari calon wakil sebagai syarat maju pada Pilkada Lampung Utara November mendatang.

"Rekomendasi yang saya terima ini belum ada wakilnya, " kata Hamartoni.

Menurut Hamartoni soal wakil bupati yang bakal mendampingi ia tidak melihat latar belakang. "Dari latar belakang apapun tidak masalah baik birokrat ataupun politisi.Yang penting siap bertugas dan menerima arahan dari partai koalisi, " ujar Hamartoni.

Mantan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Lampung ini mengaku dirinya telah menerima surat tugas dari dua partai, yaitu PAN dan PDIP.

"Alhamdulilah, sampai saat ini sudah dua partai yang mengeluarkan surat tugas untuk saya. Insyallah selanjutnya akan ada partai lain yang menyusul, " ujarnya.

Diketahui ada delapan partai politik di Lampung Utara pemenang hasil pemilu legislatif 2024. Tercatat suda empat parpol yang telah mengeluarkan surat tugas untuk calon kepala daerah di Lampung Utara. 

Dua parpol yaitu PKS dan Partai Demokrat menugaskan ke Ardian Saputra, dan dua parpol yaitu PAN dan PDIP menugaskan ke Hamartoni Ahadis.

Sedangkan empat parpol lainnya yaitu PKB, Gerindra, Golkar dan Nasdem belum mengeluarkan surat tugas kepada bakal calon bupati untuk maju di Pilkada Lampung Utara.

Berdasarkan aturan KPU, syarat partai politik mengusung calon kepala daerah adalah 20 persen dari jumlah kursi DPRD atau 25 persen dari suara sah partai politik yang digunakan adalah hasil pemilu legislatif 2024. 

Di Lampung Utara sendiri ada 45 kursi DPRD. Artinya, jika mengacu peraturan KPU syarat calon kepala daerah untuk maju dalam Pilkada di Lampung Utara minimal memiliki 9 kursi parpol pendukung di DPRD.

Editor : Yuswantoro

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut