get app
inews
Aa Read Next : Kapolres Pimpin Apel Tekab 308 Presisi Polres Way Kanan, Siap Amankan Pilkada Serentak 2024

Sebai Lampung Mak Kebendung

Rabu, 31 Juli 2024 | 20:59 WIB
header img
Bakal Calon Wakil Bupati Way Kanan Ayu Asalasiyah, (Foto: Tri Rahman)

WAY KANAN, iNewsWayKanan.id - Dunia politik dalam pemilihan umum (Pemilu) maupun di pilkada tidak hanya menjadi domain kaum laki-laki saja. Kaum perempuan pun juga harus ikut ambil bagian kancah politik, terutama disetiap hajatan demokrasi, seperti pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung. Di kabupaten Way Kanan sendiri keterwakilan perempuan dalam dunia politik masih cukup kurang walaupun sudah ada beberapa contoh tokoh perempuan yang sudah bermunculan. Dalam hal politik sepatut nya mendorong kader-kader perempuan potensial yang ingin menduduki posisi penting dalam pengambilan keputusan seperti halnya pada Pemilihan Kepala Daerah.

Untuk itu kita akan mencoba menilik dan membahas sedikit cerita dari Ayu Asalasiyah bakal calon wakil bupati kabupaten way kanan Propinsi lampung, Ayu Asalasiyah sendiri digadang gadang perempuan (Sebai) yang bakal maju yang menjadi calon kuat Wakil Bupati Way Kanan. Ayu Asalasiyah sendiri diketahui adik kandung dari Bupati Way Kanan aktif saat ini yakni Raden Adipati Surya (RAS). Ayu Asalasiyah juga merupakan anggota Dewan Perwakilan Rakyat punya (DPRD) Terpilih dengan suara perolehan tertinggi di kabupaten Way Kanan. 

Dari data yang berhasil dihimpun iNewsWayKanan.Id. Ayu Asalasiyah ini diketahui ternyata kader dari salah satu partai besar yakni partai Demokrat . Ayu Asalasiyah sendiri menjabat sebagai wakil seketaris DPC partai demokrat Kabupaten Way Kanan. 

Langkah Sebai (Perempuan) calon wakil bupati way kanan satu ini pada pilkada November mendatang terlihat semakin terang. ini diketahui setelah adanya beberapa partai besar yang telah mendeklarasikan mengusung beliau sebagai calon wakil bupati yang berpasangan dengan Ali Rahman yang sa'at ini masih menjabat sebagai Wakil Bupati aktif Way Kanan. 

Diketahui partai partai besar yang telah memutuskan mendukung pasangan Ali Rahman dan Ayu Asalasiyah ada partai pertama yang mengusung Yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS) lalu Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Bahkan santer terdengar tidak lama lagi dalam waktu dekat ini akan menyusul partai Demokrat dan juga Partai Partai lainnya. 

Saat dikonfirmasi bakal maju berpasangan dengan Ali Rahman untuk calon Wakil Bupati Way Kanan Ayu Asalasiyah mengatakan, merasa nyaman dan sepertinya sudah Sehati dengan pak Ali Rahman karena sudah berkomunikasi dan bertemu beberapa kali. 

"Saya merasa Nyaman dan sudah Sehati dengan pak Ali Rahman Nyaman itu penting, dan SEHATI juga sangat penting, karena akan bekerja sama bukan hanya untuk satu atau dua hari saja," saat ditanya mengenai akan mendampingi Ali Rahman pada pilkada November mendatang Rabu (31/07/2024).

Ayu juga mengatakan, peran perempuan sangat penting diera zaman sekarang apalagi untuk ikut bagian dalam mengambil setiap keputusan dalam urusan perempuan. Untuk itu kita akan membangun mengenai peran, kemampuan, kapasitas, dan kompetensi perempuan.

"Jadi kita sebagai perempuan nggak cukup hanya menyuarakan saja, kalau bisa kita harus ikut andil dalam mengambil keputusan-keputusan publik yang bisa berdampak pada banyak dimensi kehidupan masyarakat terkhusus untuk perempuan, untuk itu mari kita sama sama memperjuangkan," pungkasnya.

Editor : Yuswantoro

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut