get app
inews
Aa Read Next : Jelang Pilkada 2024, Kanitbinmas Ajak Warga Tidak Termakan Hoax di Way kanan

Dua Kali Menjabat, Berikut Beberapa Capaian Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya di Pemerintahan nya

Selasa, 06 Agustus 2024 | 07:23 WIB
header img
Dua Kali Menjabat, Berikut Beberapa Capaian Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya di Pemerintahan nya, (Foto: Maman/Pemkab Wk)

WAY KANANiNewsWayKanan.id Kabupaten Way Kanan adalah salah satu kabupaten yang ada diprovinsi Lampung. Way Kanan sendiri merupakan salah satu pemekaran dari Kabupaten Lampung Utara. Pusat pemerintahan Kabupaten Way Kanan sendiri terletak di Kecamatan Blambangan Umpu yang sebagai pusat Ibu kotanya. Kabupaten Way Kanan sendiri berbatasan langsung dengan tiga kabupaten yang ada di provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Yakni Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, dan Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Dari data yang berhasil dihimpun diketahui Raden Adipati Surya lahir pada 15 September tahun 1978. Beliau adalah Bupati Kabupaten Way Kanan periode 2021–2024 yang berhasil memenangkan Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) Kabupaten Way Kanan pada 9 Desember 2020. Dan menjabat sejak 26 Februari 2021 bersama Wakil Bupati nya Ali Rahman.

Untuk diketahui sebelumnya juga Raden Adipati Surya Bupati Kabupaten Way Kanan yang merupakan kader dari Partai Demokrat, berhasil memenangkan Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Way Kanan pada 9 Desember 2015 yang Lalu, dengan pasangan sebelumnya Edward Antony. 

Dari data yang diperoleh sejak awal ia menjabat diketahui ia telah banyak meraih sejumlah penghargaan baik ditingkat Provinsi maupun Nasional selama kepemimpinannya bersama Almarhum Wakil Bupati DR. Drs. H. Edward Antony, M.M Periode 2016-2021, maupun dengan bersama Ali Rahman, ST, MT di priode keduanya ini. 

Dari data yang berhasil didapat beberapa capain tersebut yakni, dari Sumber Daya Manusia (SDM) dan Ekonomi. dari Sumber Daya Manusia (SDM) sendiri capain pembangunan sumber daya manusia sendiri masuk kategori tinggi dengan indek pencapaian 70.51 poin pada tahun 2024 ini. ini dibuktikan juga dengan adanya pembangunan gedung perguruan tinggi Universitas Lampung (UNILA) yang dimana Pemkab Way Kanan bekerja sama langsung dengan Universitas Unila untuk meningkatkan minat warga way kanan yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. 

Lalu selanjutnya dibidang Ekonomi, diketahui setelah mengalami dan diterpa pandemi covid 19 beberapa tahun yang lalu Kabupaten Way Kanan mampu keluar di situasi yang sulit tersebut. ini dengan adanya program pembinaan UMKM yang ada di way kanan untuk menopang pertumbuhan ekonomi yang ada di kabupaten Way Kanan. Hal ini juga didukung dengan pencapaian persentase kemiskinan di Way Kanan mengalami penurunan. Dimana pada saat pandemi covid 19 yang lalu sempat mengalami kenaikan kenaikan Kabupaten way kanan berhasil keluar dari situasi sulit tersebut, hingga saat ini Kabupaten way kanan mengalami penurunan sampai 10.43%. dan diketahui juga angka persentase kemiskinan Kabupaten Way Kanan tersebut di bawah rata rata Propinsi Lampung. Dan diketahui juga saat ini Kabupaten Way Kanan menempati posisi ke 9 dari 15 Kabupaten/ Kota se-Propinsi Lampung. 

 

Editor : Yuswantoro

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut