get app
inews
Aa
Read Next : Geger Tiba di Israel! Ada Sapi Merah seperti Kisah dalam Taurat dan Alquran

Hafizah Dewi Yukha Nida Juara 1 MTQ Internasional di Rusia, Harumkan Nama Bangsa di Kancah Dunia 

Selasa, 24 Mei 2022 | 11:02 WIB
header img
Hafizah Dewi Yukha Nida juara MTQ Internasional di Kazan, Rusia.(Foto:YouTube)

JAKARTA, iNews.id - Hafizah (perempuan hafal Alquran) Dewi Yukha Nida mengharumkan nama Indonesia di ajang internasional. Perempuan asal Trenggalek, Jawa Timur itu, meraih juara pertama Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) the 4th Holy Qur'an Recitation Competition di Kazan, Republik Tatarsatan, Federasi Rusia.

Atas prestasinya tersebut, Dewi Yukha Nida mendapatkan apresiasi dari Kementerian Agama (Kemenag) RI. Dia menerima bonus uang tunai Rp25 juta. 

Menurut Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Kamaruddin Amin, pemberian bonus dilakukan sebagai bentuk apresiasi pemerintah karena Dewi telah mengharumkan nama Indonesia. 

"Pemberian bonus ini merupakan bentuk apresiasi dari pemerintah kepada ananda Dewi, karena telah berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional," kata Kamaruddin dalam keterangan resminya. 

Ia berharap keberhasilan Dewi dapat menjadi motivasi generasi muda untuk menghafal Alquran. Pada kesempatan yang sama, Direktur Penerangan Agama Islam, Syamsul Bahri mengatakan, bonus tersebut akan langsung diberikan pada hari ini. 

"Bonus ini akan kami berikan secara tunai pada hari ini juga kepada ananda Dewi, semoga menjadi manfaat dan keberkahan untuk kita semua," tutur Syamsul. 

Seperti diketahui, Dewi Yukha Nida berangkat dari Indonesia pada Minggu, (15/5/2022) dan tiba di Kazan, Tatarstan, Rusia pada (16/5/2022). 

Setibanya, Dewi langsung mengikuti seremoni pembukaan musabaqah. Bahkan setelah itu, pada Rabu, (18/5) Dewi langsung tampil untuk berkompetisi dengan peserta dari berbagai negara. Ia mengaku kondisi tubuhnya masih butuh istirahat. Meski begitu, ia bersyukur tetap dapat tampil dengan maksimal.  

"Tantangan di ajang internasional adalah kondisi fisik yang harus kuat. Total perjalanan saya kemarin itu ditempuh sekitar 24 jam termasuk transit. Setelah itu ikut seremoni pembukaan dan esoknya langsung tampil. Tapi Alhamdulillah ternyata saya kuat dan bisa menampilkan yang terbaik," tutup dia.
 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Waykanan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut