get app
inews
Aa Read Next : Babak 16 Besar Piala Asia 2023, Ini Susunan Pemain Timnas Indonesia Vs Australia

Indonesia Kalah Tipis 0-1 dari Yordania Pada Kualifikasi Piala Asia 2023

Minggu, 12 Juni 2022 | 06:45 WIB
header img
Foto ; iNews.id/istimewa

KUWAIT CITY, iNews.idTimnas Indonesia kalah tipis 0-1 dari Yordania pada laga kedua Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 di Jabber Al-Ahmad International Stadium, Minggu (12/6/2022) dini hari WIB. Garuda bertarung sengit sebelum kebobolan di babak kedua.

Indonesia bermain kurang tenang pada awal pertandingan. Mereka kesulitan untuk mengimbangi Yordania yang langsung tancap gas sejak menit pertama.

Serangan Yordania pun nyaris membuahkan gol saat laga baru berjalan enam menit. Beruntung kiper Indonesia Nadeo Argawinata bisa menepis tendangan melengkung Mahmoud Al-Mardi yang mengarah ke pojok kanan gawang.

Hingga 10 menit pertandingan berlangsung, Tim Merah-Putih masih kesulitan untuk keluar dari tekanan Yordania. Mereka jarang sekali bisa menguasai bola dalam waktu yang lama karena operan-operan mereka juga kerap kali kurang akurat.

Bahkan, pada menit 11 Yordania kembali mendapatkan peluang emas. Ali Olwan melepaskan tandukan berbahaya yang menyambut crossing Yazan Alarab, tetapi Nadeo lagi-lagi bisa melakukan penyelamatan gemilang dengan menepis bola yang mengarah ke pojok atas kanan gawang.

Setelah itu, barulah Indonesia mulai bisa menikmati pertandingan dan membangun serangan dengan nyaman. Hasilnya, pada menit 20 Dimas Drajad hampir menorehkan gol pembuka lewat tandukannya yang menyambar umpan silang Pratama Arhan tetapi masih belum tepat sasaran.

Dua menit kemudian, Pasukan Garuda melakukan skema sepak pojok yang apik yang dilakukan Marc Klok dan Ricky Kambuaya. Sayangnya, tendangan mendatar Saddil Ramdani yang mengakhiri skema itu masih menyamping tipis di sisi kiri gawang.

Al-Nashama –julukan Yordania- benar-benar keteteran menghadapi serangan Indonesia sesudah itu. Sisi kanan pertahanan mereka terus dieksploitasi oleh pergerakan Witan dan Arhan.

Namun, usai water break Yordania mulai kembali menemukan bentuk permainan terbaik mereka. Ehsan Haddad pun hampir membawa mereka unggul pada menit 32 jika Nadeo tak sigap menepis tendangannya dari dalam kotak penalti.

Sama-sama mengincar kemenangan, kedua tim terus saling jual beli serangan. Mereka bermain dalam tempo yang cepat dan sama-sama mengandalkan bola-bola pendek.

Pada menit 42, Saddil melesatkan tembakan keras dari luar kotak penalti. Namun, bola masih mengarah ke Yazeed Abdulaila sehingga bisa ditepis tanpa kesulitan.  

Hingga babak pertama usai baik Indonesia dan maupun Yordania masih belum bisa menghasilkan gol pembuka. Alhasil, skor imbang 0-0 tetap bertahaan saat turun minum.

Begitu babak kedua dimulai para pemain belakang Indonesia tampak lengah. Alhasil, Yazan Al Naimat berhasil mencetak gol pada menit 47 dengan sontekannya usai diumpan Ali Olwan, yang lepas dari penjagaan usai bola lambung dari lini tengah gagal  diantisipasi oleh barisan pertahanan Tim Merah-Putih.

Tertinggal satu gol, Indonesia merespon dengan baik dua menit kemudian. Sayangnya, lemparan roket Pratama Arhan yang sangat berbahaya gagal disambut oleh rekan-rekannya dan bola pun mengenai mistar gawang.

Unggul satu gol, Yordania semakin nyaman memainkan bola dan membangun serangan-serangan berbahaya. Mereka membuat Indonesia lebih banyak menunggul bola di area pertahanan sendiri.

Meski begitu, pasukan Shin Tae Yong sesekali melancarkan serangan balik lewat kecepatan Saddil dan Witan. Selain itu beberapa kali situasi bola mati dan lemparan ke dalam juga menghasilkan peluang untuk Indonesia. Sayangnya, para pemain belakang Yordania tampil sangat kokoh sehingga selalu bisa menghalau serangan-serangan itu.

Pada menit 68, tendangan sudut Ali Hasheesh hampir saja membuat Yordania unggul 2-0. Untungnya, Nadeo bisa menepis bola yang langsung berbelok arah ke gawangnya itu.

Sepuluh menit kemudian, kesialan menimpa Indonesia. Wasit menunjuk titik putih setelah Musa Al-Tamaari dijatuhkan di kotak terlarang oleh Pratama Arhan.

Beruntung bagi Pasukan Garuda, Nadeo mampu menggagalkan tendangan penalti yang dieksekusi oleh Mohammed Abu Zrayq. Kiper Bali United itu membaca arah bola yang mengarah ke sebelah kirinya. Skor pun masih bertahan 1-0 untuk Yordania.

Pada 10 menit akhir pertandingan, Al-Nashama terus menggempur pertahanan Indonesia dengan crossing-crossing yang mereka lepaskan dari sisi kiri pertahanan Tim Merah-Putih. Di sisi lain, Marc Klok dkk juga terus berusaha menyamakan kedudukan lewat serangan-serangan balik.

Akan tetapi, hingga peluit panjang dibunyikan tidak ada gol lagi yang tercipta dari kedua tim. Yordania pun sukses mengamankan kemenangan atas Indonesia dengan skor 1-0.

Berikut adalah susunan pemain Indonesia vs Yordania:

INDONESIA (3-4-3): Nadeo Argawinata; Fachruddin, Rizky Ridho, Elkan Baggot; Rahmat Irianto, Marc Klok, Ricky Kambuaya, Pratama Arhan; Witan Sulaeman, Saddil Ramdani, Dimas Drajad.

Cadangan: Adi Satryo, Syahrul, Alfeandra Dewangga, Edo, Terens Puhiri, Marselino Ferdinand, Irfan Jaya, Stefano Lilipaly, Asnawi Mangkualam, Koko, Syahrial Abimanyu, Rafli.

YORDANIA (4-4-2): Yazeed Abdulaila; Yazan Alarab, Abdalallah Nasib, M. Aldmeiri, Ehsan Haddad; Noor Al-Rawabdeh, Baha Abdulrachman, Musa Al-Tamaari, Mahmoud Al-Mardi; Ali Olwan, Yazan Al Naimat.

Cadangan: M. Raed Mahmoud, Malek Samih Shalabiya, M. Ali Hasheesh, Tareq Khattab, Baraa Marei, Ahmed Sameer, Rajaei Ayed, Khalil Baniateyah, Saleh Rateb, Mohammed Abu Zrayq, Munther Abu Amara dan Hamza Al Daradour

Editor : Yuswantoro

Follow Berita iNews Waykanan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut