Pramuka LDII atau Satuan Komunitas Sekawan Persada Nusantara Bagian dari Gerakan Pramuka Nasional

Efan Febrianto
Pramuka LDII atau Satuan Komunitas Sekawan Persada Nusantara Bagian dari Keluarga Gerakan Pramuka Nasional, Foto: Sakospn.org

Dari setiap 4 Sako Tingkat Cabang yang sudah resmi, dibuat surat pernyataan bergabung ke Sako Tingkat Daerah. Kemudian, membuat struktur kepengurusan Sako Tingkat Daerah secara tertulis dan dilaporkan ke Kwartir Daerah. Baru setelah diresmikan sebagai Sako Tingkat Daerah, boleh bergabung dengan Sako Nasional setelah memiliki minimal 3 Sako Tingkat Daerah.

Menurut Azrul Azwar, Kepala Kwartir Nasional Gerakan Pramuka pada pidatonya di Gedung Pramuka, Senin (25/11) mengatakan, kehadiran Sako Sekawan Persada Nusantara efektif mampu mendorong percepatan gerakan pramuka tingkat nasional. Ditambah lagi, Sako Sekawan Persada Nusantara memiliki jangkauan organisasi besar. Azrul berharap, Sako Sekawan Persada Nusantara tetap terus berkarya mengabdi bangsa setelah peresmian ini.

Meski begitu, masih banyak pelajar yang tidak mengenal pramuka. Padahal, melalui pramuka, karakter remaja dan pemuda bisa terbentuk. Untuk itulah, Sako Sekawan Persada Nusantara dibentuk. Pimpinan Sako Sekawan Persada Nusantara, Ashar Budiman menambahkan, Sako SPN adalah perjuangan LDII mewujudkan visi dan misi kepramukaan sekaligus mengembangkan karakter generasi muda. Sako Sekawan Persada Nusantara bukanlah nama organisasi saja, namun juga wadah yang kaya aktifitas dan kegiatan.

Selama ini, Pramuka LDII dalam Sako SPN sudah banyak mengadakan kegiatan-kegiatan kepanduan baik ditingkat daerah maupun nasional. Strateginya, memberikan kontribusi besar dalam pemahaman agama, pengembangan hard skill, dan pengembangan soft skill. Bahkan, baru-baru ini, Sako Sekawan Persada Nusantara mengirimkan 4 orang penggalang terbaik dan 2 pembimbing untuk diikutsertakan dalam jambore nasional di Bangkok, Thailand. Keenam utusan ini diberangkatkan pada Selasa (26/11).

Editor : Yuswantoro

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network