get app
inews
Aa Read Next : Kapolres Pimpin Apel Tekab 308 Presisi Polres Way Kanan, Siap Amankan Pilkada Serentak 2024

Yusee Sogoran Gelar Begawi Adat Mancor Rua Zaman, Ini Rangkaiannya

Minggu, 26 Juni 2022 | 21:42 WIB
header img
Yusee Sogoran Gelar Begawi Adat Mancor Rua Zaman (Foto: Andi/Mulya)

WAY KANAN, iNews.id -Wakil ketua DPRD Way Kanan, yang juga ketua DPD Partai Nasdem Way Kanan Yusee Sogoran dengan Gelar Sutan Unggak Langik, menggelar acara Begawi Adat Mencor Zaman, Minggu (26/6/2022).

Begawi adat mancor Zaman yang dilakukan oleh Tiuh Gunung Katun, Marga  Baradatu oleh Keturunan Sogoran, berjalan dengan lancar dan dilakukan juga pemberian Gelar Adat oleh Penyimbang Marga Bardatu.

Penyimbang Marga diumumkan langsung oleh salah pelaku adat Elyas Yusman dengan gelar Raja Pagar Alam, dia menyebutkan bahwa hari ini telah sah nama-nama tersebut nanti memakai Gelar Adat diantaranya, Yusse Sogoran mendapat Gelar Sutan Unggak Langit sedangkan Istrinya Juai Perawati mendapat Gelar Sutan Nyai Ngerita, Anak nya Tika Janua mendapatkan Gelar Ratu Pogor Rakyat .

Sementara Herman HN Walikota dua Periode Kota Bandar Lampung yang saat ini menjadi Ketua DPW Partai Nasden Provinsi Lampung, mendapatkan Gelar Tuan Penata Marga, Sedangkan istrinya Walikota Bandar Lampung Bunda Eva dapat Gelat Sri Tuan Paduka.

Selain itu ada juga salah satu Pejabat di Mabes Polri yakni Brikjend Pol Eriyadi dengan Gelar Tuan Perwira Tinggi dan Istrinya Susi Risdawati mendapatkan Gelar Ratu Sanjungan.

Berikutnya ada nama Akhmad Baedawi Mitra bisnis Yusee Sogoran Sutan Unggak Langik bergelar Ratu Bagus Tiang Marga sedangkan Istrinya Yaslainy mendapatkan Gelar Ibuan Rakyat.

Juga Gelar adat diberikan kepada Riswan Jamaludin Gelar Ratu Sriwijaya sedangkan Istrinya Rita Aswati mendapatkan Gelar Ratu Yang Sri.

Dari himpunan dan pantauan awak media di lokasi acara pertama kali dimulai pada Malam Jum'at, yaitu cangget matah, dihari Jum'atnya acara manjau mirul, malam sabtu cangget matah dan hari sabtu manjau jak Kelama , serta malam minggu Sidang Adat dan cangget Agung dan hari ini hari minggu begawi sekaligus cacak canang gelar puari oleh Sutan Unggak Langik, dan terakhir malam Senin  Cangget mejong.

Editor : Yuswantoro

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut