get app
inews
Aa Read Next : Polda Lampung Gelar Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan: Tidak Ada Celah Bagi Pelaku Kejahatan

Omzet Capai Rp500 Juta per Bulan, Ini 4 Kisah Sukses Pengusaha di Desa

Jum'at, 01 Juli 2022 | 19:36 WIB
header img
Ini Kisah 4 pengusaha desa (Foto: Ig @uluspirmawan/iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Kisah sukses pengusaha di desa ini bisa menjadi inspirasi bagi orang lain. Biasanya pengusaha sukses kerap diidentikkan dengan orang-orang yang ada di kota. 

Namun, deretan pengusaha berikut ini membuktikan bahwa kesuksesan itu bisa diraih oleh siapa saja dan dimana saja.

Dirangkum dari berbagai sumber, inilah empat kisah sukses pengusaha di desa yang berhasil iNews.id rangkum dari berbagai sumber.

Kisah Sukses Pengusaha di Desa

1. Ishak Abdul Azis

Kisah sukses pengusaha di desa yang pertama akan kita bahas berasal dari Ishak Abdul Azis yang merupakan seorang pengusaha kerupuk singkong.

Kisah sukses Ishak ini bermula dari melimpahnya singkong di desanya, Desa Krangean, Purbalingga.

Pada awalnya, ia menjual 10 kilogram kerupuk singkong per harinya. Kini, ia telah berhasil meraih omzet hingga Rp 45 juta per bulan dan pangsa pasarnya pun telah meluas hingga ke Bandung dan Jakarta.

2. Ulus Pirmawan 

Kisah sukses Ulus Pirmawan bermula saat dirinya tidak mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang SMP karena keterbatasan biaya. Ulus kemudian mengikuti jejak orang tuanya yang merupakan seorang petani dengan menggarap lahannya sendiri.

Sebagai petani, Ulus berkeinginan agar produk-produk pertaniannya itu bisa membuat konsumennya puas. Hingga suatu ketika, ia berhasil memanen buncis super yang kemudian dijualnya hingga ke Jakarta. Tak hanya itu, buncis supernya ini bahkan sudah diekspor ke luar negeri sejak 1995.

3. Mardiana

Kisah sukses pengusaha di desa selanjutnya juga dialami oleh Mardiana yang berasal dari Desa Simbang, Sulawesi Selatan. Dengan modal Rp1 juta, kini Mardiana sukses menggeluti bisnis budidaya jamur liar. 

Ide bisnis ini ia dapat melalui pencarian di internet, dimana bisnis jamur memiliki pangsa pasar yang besar di Jawa dan Bali. Mardia kemudian mencoba untuk mengembangkannya di kampung halamannya.

Kini, berkat kegigihan dan kerja kerasnya, bisnis yang diberi nama Celebes Mushroom ini telah tersebar luas hingga ke luar negeri seperti Brasil dan Inggris. Omzet yang diadapat Mardiana per bulannya pun tak tanggung-tanggung, yakni mencapai Rp 40-60 juta per bulan.

4. Aang Permana

Lelaki yang berasal dari sebuah desa di Garut ini sukses menjalankan bisnis kuliner dari ikan petek. Bisnis kuliner yang diberinya nama Crispy Ikan Sipetek. 

Dengan modal awal Rp 500 ribu, kini Aang sukses meraup omzet hingga Rp500 juta per bulannya. 

Tak hanya itu, lewat usahanya ini Aang bisa menyerap tenaga kerja dengan mempekerjakan ibu-ibu di kampungnya.

Itulah deretan kisah sukses pengusaha di desa. Mereka membuktikan bahwa sukses itu bisa dicapai oleh setiap orang, asalkan ada kerja keras dan semangat pantang menyerah.

 

 

 

Editor : Yuswantoro

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut