get app
inews
Aa Read Next : Lapas Way Kanan Bersama Puskesmas Negeri Baru Gelar Penyuluhan Kesehatan Bagi Warga Binaan

Kabupaten Way Kanan Kaya Akan Batu Alam, Salah Satunya Batu Teratai

Selasa, 26 Juli 2022 | 11:01 WIB
header img
Kabupaten Way Kanan Kaya Akan Batu Alam, Salah Satunya Batu Teratai (Foto: FB Sa Adi, Ijal, Cecep)

 WAY KANAN, iNews. Id - Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung menyimpan berbagai macam sumberdaya alam, berbagai tumbuhan, pepohonan dan batu batuan. Selasa 26 Juli 2022.

Batu batuan atau batu alam sangat banyak di Kabupaten setempat, puluhan hingga ratusan berbagai jenis varian jenis batu alam terdapat disana. 

Batu alam yang terdapat di Way Kanan tersebut antara lain batu teratai, batu sulaiman, batu pandan, batu lumut, batu badar, batu kelabang, batu anggur, batu cempaka, batu kecububung dan lain lain. 

Batu itu nantinya akan di olah menjadi berbagai jenis koleksi acecoris dan hiasan, seperti cincin, gelang, kalung, ukiran karya patung, meja, kursi dan lain lainnya.

Dari informasi yang dihimpun media iNewsWayKanan.id di lokasi pencarian dan lapak lapak batu alam tersebut, ada ratusan petani khusus mencari berbagai varian tersebut di sungai sungai maupun di darat. 

Berbagai macam varian tersebut sangat banyak dan mudah ditemukan di sungai sungai dan darat Di kabupaten Way Kanan.

Batu batu alam tersebut dijual dengan harga bervariasi, ada yang Rp5000 an perkilogram, puluhan ribu bahkan ratusan ribu, tergantung bentuk batu, ukuran dan kristal nya batu itu. 

Terpantau oleh awak Media bahwa sekitar beberapa bulan yang silam, harga batu alam jenis teratai pisang sampai keharga satu jutaaan perkilogramnya.

Menurut salah seorang pembeli batu alam yang mempunyai lapak pembelian Eko Budi menuturkan bahwa batu batu alam tersebut dijual ke pulau Jawa bahkan ke luar Negeri.

Pulau Jawa yang dimaksudnya adalah ke Provinsi Jawa Barat dan sekitarnya. dan keluar Negeri tersebut diantaranya ke Negara Singapore, Taiwan, China hingga ke Eropa.

Editor : Yuswantoro

Follow Berita iNews Waykanan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut