Logo Network
Network

50 Dosis Vaksin Disuntik Guna Antisipasi PMK

Ganda
.
Selasa, 26 Juli 2022 | 15:07 WIB
50 Dosis Vaksin Disuntik Guna Antisipasi PMK
Pemerintah Kabupaten Way Kanan melalui Dinas Pertanian, Peternakan dan Hortikulura melaksanakan program vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak di Kampung Pisang Baru, Kecamatan Bumi Agung, Kabupaten Way Kanan. (Foto: Istimewa)

WAY KANAN, iNews.id – Pemerintah Kabupaten Way Kanan melalui Dinas Pertanian, Peternakan dan Hortikulura melaksanakan program vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak di Kampung Pisang Baru, Kecamatan Bumi Agung, Kabupaten Way Kanan, Selasa (26/07/2022).

Saat dikofirmasi melalui pesan singkat WhatsApp, Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Hortikultura Kabupaten Way Kanan, Maulana, melalui sekretarisnya, Rofiki menjelaskan langkah ini dilakukan guna pencegahan PMK di Way Kanan.

"Iya, hari ini kita melakukan vaksinasi PMK di Kampung Pisang Baru sebanyak 50 dosis bersama tim, Alhamdulillah di wilayah ini masih zero suspect PMK, tujuannya untuk antisipasi dan pengendalian masuknya PMK di wilayah tersebut, dengan harapan ternak yang ada di kampung-kampung Kecamatan Bumi Agung khususnya dan Way Kanan umumnya bisa bebas dari PMK,” jelasnya.

Selain melakukan vaksinasi, pihaknya juga memberikan edukasi kepada para peternak. "Kita juga sekaligus memberikan edukasi kepada peternaknya untuk memperhatikan asupan gizi ternaknya dan sanitasi kandang supaya tetap terjaga dan aman dari penularan PMK,” katanya.

Untuk diketahui, penyakit PMK digolongkan menjadi salah satu dari 25 kategori penyakit hewan strategis, karena akibat yang ditimbulkan dapat menyebabkan kematian sehingga merugikan peternak dan berimbas pada menurunnya perekonomian masyarakat.

Editor : A. Natalis Sapta Aji

Follow Berita iNews Waykanan di Google News

Bagikan Artikel Ini