get app
inews
Aa Read Next : HUT RI ke 78, Warga Kampung Tanjung Raja Sakti Gelar Lomba Panjat Pinang

Ini Fakta Proses Kemerdekaan Indonesia Singkat dan Lengkap

Selasa, 16 Agustus 2022 | 21:53 WIB
header img
Bagaimana Proses Kemerdekaan Bangsa Indonesia? Ini faktanya (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id – Proses kemerdekaan Indonesia merupakan bagian dari perjalanan panjang bagi Tanah Air kita. Perjalanan tersebut tentunya tidak mudah dilalui, berbagai peristiwa menyertai proses proklamasi kemerdekaan RI.

Untuk itu, sudah sepatutnya sebagai masyarakat Indonesia mengetahui sejarah perjuangan bangsa dalam mencapai kemerdekaan. Bagaimana proses kemerdekaan Indonesia? simak penjelasannya dibawah ini.

Bagaimana Proses Kemerdekaan Bangsa Indonesia?

Kekalahan Jepang Dari Sekutu

Proses kemerdekaan Indonesia dimulai dari kekalahan Jepang dari sekutu. Hal ini disebabkan karena pengeboman yang dilakukan oleh Amerika Serikat di dua kota, yaitu Nagasaki dan Hiroshima.

Pengeboman ini terjadi pada tanggal 6 dan 9 Agustus 1945. Peristiwa ini menyebabkan melemahnya Jepang. Akhirnya, pada tanggal 14 Agustus 1945, Jepang menyerah kepada sekutu tanpa syarat.

Setelah peristiwa kekalahan Jepang, golongan pemuda mengetahui informasi tersebut melalui siaran radio BBC (Inggris). Golongan pemuda pun segera membicarakan kemerdekaan Indonesia tanpa waktu lama dengan golongan tua.

Proses Kemerdekaan Indonesia: Peristiwa Rengasdengklok

Proses kemerdekaan Indonesia pun berlanjut ke peristiwa Rengasdengklok. Peristiwa ini merupakan bagian penting yang mendorong percepatan proklamasi kemerdekaan Indonesia. Kejadian ini juga menunjukkan konflik karena adanya perbedaan pendapat antara golongan tua dan muda dalam menentukan waktu proklamasi kemerdekaan.

Para pemuda berpendapat bahwa proklamasi kemerdekaan Indonesia harus segera dilaksanakan oleh kekuatan bangsa Indonesia sendiri, dan bukan PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia). Menurut golongan muda, PPKI merupakan badan bentukan Jepang.

Salah satu pemuda dari golongan pemuda yang menemui Moh. Hatta di kediamannya adalah Sutan Syahrir. Syahrir mendesak agar Ir. Soekarno dan Moh. Hatta segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Namun, Soekarno dan Moh. Hatta yang dari pihak golongan tua tidak setuju. Mereka yakin bahwa bagaimanapun Indonesia akan tetap merdeka tidak lama lagi.

Pada rabu tanggal 15 Agustus 1945 sekitar jam 20.00, para pemuda mengadakan pertemuan di sebuah ruangan di belakang Laboratorium Biologi Pegangsaan Timur 17. Setelah hasil perundingan di dapatkan, dua orang pemuda kemudian membawa putusan tersebut ke kediaman Soekarno di Pegangsaan Timur 56.

Namun, Soekarno tetap pada pendiriannya bahwa Jepang masih berkuasa secara de facto, dan mengingatkan bahwa musuh mereka bukan lagi Jepang, tetapi Belanda yang pasti segera datang setelah Jepang menyerah.

Karena hal tersebut, golongan muda segera mengamankan Soekarno dan Moh. Hatta menuju Rengasdengklok pada tanggal 16 Agustus 1945. Golongan pemuda memilih Rengasdengklok dengan pertimbangan bahwa daerah tersebut relatif aman.

Sesampainya di Rengasdengklok, Soekarno dan rombongan ditempatkan di rumah seorang keturunan Tionghoa Djiaw Kie Song. Golongan pemuda berharap pada tanggal 16 Agustus 1945, Bung karno dan Bung hatta bersedia menyatakan Proklamasi Kemerdekaan.

Pada hari yang sama, yakni tanggal 16 Agustus 1945 terjadi pertemuan antara golongan muda dengan golongan muda di Jakarta. Setelah pertemuan antara Ahmad Subarjo (golongan tua) dengan Yusuf Kunto dan Wikana (golongan tua), terdapat kesepakatan terkait dengan pelaksanaan proklamasi.

Ahmad Subarjo berbicara kepada golongan pemuda dan memberikan jaminan bahwa proklamasi akan dilaksanakan tanggal 17 Agustus sebelum pukul 12.00. akhirnya, Shodanco Subeno mewakili para pemuda melepas Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, dan rombongan kembali ke Jakarta.

Proses Kemerdekaan Indonesia: Perumusan dan Proklamasi

Proses kemerdekaan Indonesia memasuki babak akhir. Akhirnya, Soekarno, Moh. Hatta dan Ahmad Subarjo melakukan persiapan perumusan isi teks proklamasi. Perumusan teks proklamasi dilaksanakan di kediaman Laksamana Muda maeda, seorang perwira Jepang yang mendukung kemerdekaan Indonesia.

Soekarno pertama kali menuliskan kata pernyataan Proklamasi sebagai judul pada pukul 03.00 WIB. Subarjo menyampaikan kalimat “kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia”. Kemudian Moh. Hatta menambahkan kalimat “Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain diselenggarakan dengan cara seksama dan dalam tempoh yang sesingkat-singkatnya”.

Soekarno menuliskan “Jakarta, 17-8-’05 Wakil-wakil bangsa Indonesia sebagai penutup”. Sukarni mengusulkan agar teks proklamasi cukup ditandatangani dua orang tokoh saja, yakni Soekarno dan Moh. Hatta, atas nama bangsa Indonesia.

Sejarah proklamasi kemerdekaan Indonesia pun terjadi pada hari Jumat, 17 Agustus 1945 pukul 10.00 di kediaman Soekarno di Jalan Pegangsaan Timur No. 56. Soekarno membacakan teks proklamasi didampingi Moh. Hatta.

Di atas tadi merupakan informasi terkait proses kemerdekaan Indonesia. Proses kemerdekaan tidaklah mudah didapatkan, sehingga perlu bagi kita sebagai masyarakat Indonesia untuk melanjutkan semangat perjuangan pahlawan kita, dengan cara menjaga keutuhan bangsa kita.

Editor : Yuswantoro

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut