Senator Bustami Zainudin: Bravo Timnas Indonesia U-19, Good Job Coach STY

Syafari
.
Senin, 19 September 2022 | 21:28 WIB
Senator DPD RI Bustami Zainudin: Bravo Timnas Indonesia U-19, Good Job Coach Shin Tae-yong (Foto: Senator Bustami Zainudin)

BANDAR LAMPUNG, iNewsWayKanan.id - Luar biasa Timnas indonesia U-19, selain mampu mengalahkan tim kuat Vietnam, juga berhasil lolos ke putaran final Piala Asia 2023. Sebuah capaian yang begitu mengesankan, dan sudah begitu lama kita nanti nantikan.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Komite 2 DPD RI Bustami Zainudin yang juga Dewan Pembina atau Anggota Kehormatan Asosiasi PSSI Provinsi Lampung, dalam keterangan tertulis yang dikirimkan kepada media iNewsWayKanan.id, Senin 19 September 2022.

"Sebagai salah satu pelaku dalam dunia sepakbola, saya sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan dan diperbuat oleh Coach STY dalam membangun Timnas Indonesia masa depan, yang mampu bermain dan bersaing mengikuti trend sepakbola modern, dimana faktor utama yang dibangun adalah kekuatan mental dan kondisi fisik pemain, selain tentu kemampuan skill dan penerapan taktik strategi yang mumpuni," ujarnya.

Menurutnya, Shin Tae-yong telah mampu membangun Timnas dengan kualitas permainan yang solid, yang mampu bermain secara spartan ala Korea Selatan power explosive, Timnas Indonesia rasa Korea, begitu julukan yang tepat. 

"Kita patut memberikan apresiasi tinggi kepada STY yang telah mampu merubah gaya dan karakter Permainan Timnas. Selayaknya kita mau belajar terhadap hal-hal positif yang sudah dibangun dan diterapkan oleh Coach STY bahwa proses latihanlah yang sangat penting dalam membangun sebuah tim," katanya.

Untuk itu ungkapnya, menjadi hal yang lumrah, STY mencoret dan memulangkan pemain yang tidak disiplin dan mbhalelo. STY juga sangat objektif didalam pemilihan pemain yang masuk Timnas. Pemain kesayangan hari ini, tidak ada jaminan esok tetap menjadi bagian dari Timnas. Sudah banyak contoh untuk itu.

Lebih lanjut dia menuturkan, sebagai contoh, Timnas U20 saat ujicoba mereka dikalahkan oleh Persija U20 tapi Coach STY tidak khawatir dengan kekalahan tersebut, karena ujicoba bukan untuk menang atau kalah tetapi tentang bagaimana hasil latihan bisa diterapkan dengan baik oleh pemain di lapangan, sehingga pada saat pertandingan sesungguhnya tim sudah solid serta bisa menerapkan strategi permainan yang diinginkan oleh Coach. 

Begitu juga dalam hal taktik dan strategi, STY telah mengajarkan kepada kita bagaimana STY begitu teguh, kokoh dan cerdas dalam penerapan taktik dan strategi. Hampir semua tim lawan tidak mampu menebak, taktik dan strategi permainan model apa yang akan diterapkan STY. Begitu banyak varian taktik sebagai rahasia permainan. 

Ini semua hanya bisa dilakukan kalau pemain dibiasakan bisa bermain diberbagai posisi, dan STY sangat berhasil dalam hal ini. Selayaknya pelatih lokal meniru dan berguru pada kemampuan STY.

"Bravo Timnas U-19 yang telah berhasil lolos ke putaran final Piala Asia. Semoga di piala Asia Timnas bisa melangkah jauh, berprestasi maksimal dengan kualitas permainan yang memenuhi standar sepakbola modern," tutupnya.

Editor : Yuswantoro
Bagikan Artikel Ini