get app
inews
Aa
Read Next : Siapa yang Menyadap WA Kita? Perlu Diketahui Tanpa Ribet, Ini Caranya

Awas! Hindari Penipuan di WhatsApp, Pengguna Kenali Celah Keamanan 

Selasa, 20 September 2022 | 14:27 WIB
header img
Awas! Hindari Penipuan di WhatsApp, Pengguna Kenali Celah Keamanan (Foto: ilustrasi iNews.id)

JAKARTA, iNewsWayKanan.id - Para peneliti keamanan komputer dari CloudSEK mendeteksi adanya celah keamanan yang memungkinkan pengguna menjadi target penipuan.

Pengguna Aplikasi WhatsApp diharapkan lebih waspada lagi, karena celah keamanan ini memungkinkan para penjahat untuk meretas akun WhatsApp hanya menggunakan cara yang sangat sederhana. Dikatakan mereka melancarkan aksinya hanya lewat panggilan telepon saja.

Peneliti mengungkap modus operandinya sangat sederhana, peretas akan secara acak melakukan panggilan kepada pengguna dan mencoba meyakinkan mereka untuk menghubungi nomor tertentu.

Nah di sini, jika korban terbujuk untuk melakukannya, maka mereka bakal langsung terlogout dari akun WhatsApp mereka. Dalam kata lain, nomor yang ditelpon ini merupakan gerbang bagi peretas untuk mengendalikan akun korban.

"Karena penyedia layanan di seluruh dunia menggunakan angka yang dimulai dengan '67' atau '405'; korban cenderung menelepon tanpa ragu-ragu,” kata peneliti seperti dikutip dari Gizchina.

“Begitu peretas mendapatkan akses ke akun, mereka akan meminta uang dari kontak korban. Dengan cara ini, peretas menipu kontak WhatsApp korban bahkan sebelum korban menyadarinya," jelasnya.

Mengendalikan akun WhatsApp memang dapat membuahkan hasil dengan cepat. Apalagi sejak akhir tahun 2021 WhatsApp telah mengesahkan transaksi dalam mata uang kripto melalui integrasi dompet digital Novi di aplikasi.

Cara lain untuk mendapatkan uang cepat adalah dengan mengambil alih akun WhatsApp profesional untuk mengklaim dana dari klien yang mudah tertipu dan tidak curiga.

Bagaimanapun, tidak banyak yang dapat dilakukan untuk melindungi diri dari penipuan semacam ini. Selalu aktifkan otentikasi dua faktor dan jangan pernah menerima panggilan dari kontak yang tidak dikenal di WhatsApp.

*(Berita ini sudah terbit di iNews.id dengan judul: Hindari Penipuan, Kenali Celah Keamanan di WhatsApp Ini)

 

Editor : Yuswantoro

Follow Berita iNews Waykanan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut