get app
inews
Aa Read Next : Korda PPIR Way Kanan Ucapkan Selamat Ditetapkannya Prabowo dan Gibran sebagai Presiden RI dan Wapres

KPU Way Kanan Gelar Rakor Pemuktahiran Data Pemilih Berkelanjutan 

Selasa, 20 September 2022 | 18:01 WIB
header img
KPU Way Kanan Gelar Rakor Pemuktahiran Data Pemilih Berkelanjutan, Foto: KPU WK.

WAY KANAN, iNewsWayKanan.id - KPU Way Kanan Melakukan Rapat Koordinasi Pemuktahiran Data Pemilih Berkelanjutan ( PDPB ) Triwulan III Periode Bulan September 2022, Bertempat di Aula KPU setempat, Selasa 20 September 2022.

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua KPU Way Kanan Refki Dharmawan, Kadiv Datin I Gede Klipz Darmaja, Kadiv Hukum Doan Endedi,Kadiv Parmas Tri Sudarto, Kadiv Teknis Nofrisyah Harianto , Sekretaris M.Arifin beserta Kasubbag, Partai Politik, Ketua Bawaslu Way Kanan Yessi Karnaisyah, Sekretaris Dukcapil Syahrul Munir, Camat Blambangan Umpu di wakili oleh Gajah Tera, perwakilan Polres Aipda Apriadi dan perwakilan Kodim Pelda Hambali. 

Rapat Koordinasi dibuka langsung oleh Ketua KPU Way Kanan Refki Dharmawan, PDPB dilaksanakan secara rutin untuk setiap  triwulan yang mengundang stake holder.

Dalam sambutannya Refki Dharmawan mengatakan bahwa pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Triwulan III periode bulan september, ini merupakan Rakor terakhir untuk PDPB dan selanjutnya akan memasuki pemutakhiran Data Pemilu 2024.

Refki juga menambahkan ketika sudah memasuki pemutakhiran data pemilu, nanti akan ada beberapa perubahan terutama proyeksi pemetaan TPS dan saat ini juga KPU sedang menghadapi Tahapan Verifikasi perbaikan administrasi Parpol calon peserta pemilu tahun 2024, sesuai jadwal dari 12 Sep S/d 12 Oktober 2022.

"KPU selalu membuka Ruang kepada Parpol melalui Helpdesk  untuk melakukan konsultasi," ungkap Refki.

I Gede Klipz Darmaja, Ketua Divisi Data dan Informasi KPU Way Kanan menerangkan, PDPB  triwulan III momentum terakhir di periode ini, ditahun 2021 paska Pilkada KPU melaksanakan amanah undang-undang no 7 tahun 2017.

"Ketika tidak ada tahapan maka KPU Wajib melakukan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan," ujarnya.

Sairul Sidiq Anggota DPRD Way Kanan dari partai PKB mengapresiasi kerja-kerja nyata dari KPU Way Kanan artinya Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan ini merupakan salah satu cara minimalisir kecurangan terutama di data pemilih ditahun 2024 mendatang serta dapat menyajikan data yang akurat dan akuntabel .

Sekretaris Partai ummat Mat Sahri mengatakan perlu adanya pendataan pemilih  pemula, karena  Pentingnya untuk pemuda berpartisipasi dalam demokrasi. Salah satunya yaitu dengan ikut meramaikan pemilihan umum dan dapat menyalurkan hak pilih pada pemilu 14 februari 2024 mendatang.

Ketua Bawaslu Way Kanan Yesi Karnaisyah menyampaikan dalam hal ini Bawaslu mencatat masih adanya pencatutan warga sebagai anggota partai politik, bawaslu dan kpu telah membuka help desk pengaduan masyarakat terhadap namany yang tercatut di parpol.

Ketua Bawaslu  juga meminta Sekiranya Parpol membuat helpdesk pengaduan, agar warga tidak merasa dirugikan.

Hasil PDPB Triwulan III Periode September 2022,  ditetapkan sebanyak 319.361 dari 227 kampung dan 991  TPS yang ada di Kabupaten Way Kanan.

Editor : Yuswantoro

Follow Berita iNews Waykanan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut