Dinas Pendidikan dan Kebudayaan OKU Timur Menggelar Kegiatan Literasi 

Ades Bela Jaya
.
Selasa, 20 September 2022 | 23:31 WIB
Pendidikan dan Kebudayaan OKU Timur Menggelar Kegiatan Literasi, Foto: Ades.

OKU TIMUR, INewsWayKanan.id -  Pemerintah kabupaten Oku Timur melalui dinas pendidikan dan kebudayaan menyelenggarakan kegiatan tentang listerasi di Aula SMA Negeri 1 Belitang di buka oleh ketua TP PKK OKU Timur bunda Sheila Noberta dan di tutup oleh Bupati OKU Timur Lanosin St.

Adapun ketiga acara tersebut antara lain, launching buku, literasi kontrol membaca, mengaji dan literasi jurnalis siswa tingkat SMP (zona 3) dan penyerahan secara simbolis baju seragam jenjang SD / SMP dalam program pengentasan kemiskinan, Selasa (20/9/2022).

Hadir dalam acara Bupati OKU Timur, Lanosin St, kepala dinas pendidikan dan kebudayaan Wakimin, kepala PUTR, kepala Dispusip dan Camat Belitang serta seluruh kepala sekolah wilayah kecamatan Belitang.

Kepala dinas pendidikan dan kebudayaan Wakimin menjelaskan dalam laporannya untuk anak didik agar lebih meningkatkan wawasan dan bersungguh - sungguh untuk anak didik itu sendiri.

Bunda listerasi Sheila Noberta menyampaikan arahannya terkait pelatihan listerasi jurnlistik, anak didik harus memperhatikan sungguh - sungguh dalam mengasah kemampuan pikiran dan memahami arah tulisan atau karya jurnalistik, agar dapat mengambil nilai positif dan tidak mudah percaya isu - isu yang negatif .

Masih dengan Bunda Sheila dengan rajin membaca di harapkan bisa berkarya untuk menghasilkan jasa yang dapat meraup pundi - pundi rupiah.

"Dan untuk anak didik yang hadir agar dapat memanfaatkan masa muda sebaik mungkin serta membatasi pergaulan yang berdampak merusak masa depan," ujarnya.

Bupati OKU Timur Lanosin St mengatakan pemahaman tentang jurnalistik kepada anak didik agar bisa menela'ah yang dibaca dari pada tulisan, karna memahami apa yang di ketahui secara otomatis meningkatkan wawasan keahliannya.

Tambah Bupati OKU Timur Lnosin St menerangkan tentang listerasi sangat erat kaitannya dengan tingkat indeks pembangunan manusia dimana aset jangka panjang indeks pembangunan manusia (IPM) ada pada anak sekolah dasar dan menengah pertama dan hari ini kami mengapresiasi kegiatan launching buku listerasi dan listerasi jurnalistik ini, 

"Semoga dapat memberikan pemahaman agar mengerti arti listerasi serta bijak dalam menulis sebuah pesan dan membaca suatu informasi," katanya.

'Selain lunching buku listerasi kontrol membaca dan mengaji, kita juga membagikan secara simbolis baju seragam dalam program pengetasan kemiskinan, semoga ini dapat memberikan manfaat bagi saudara-saudara kita yang kurang mampu," tutupnya.

Editor : Yuswantoro
Bagikan Artikel Ini