Logo Network
Network

Geger Tiba di Israel! Ada Sapi Merah seperti Kisah dalam Taurat dan Alquran

Muhaimin
.
Rabu, 28 September 2022 | 16:36 WIB
Geger Tiba di Israel! Ada Sapi Merah seperti Kisah dalam Taurat dan Alquran
Seorang rabi Israel menggunakan lensa pembesar untuk memeriksa sapi merah yang akan digunakan untuk ritual pemurnian. Foto/STR NEW/REUTERS

Taurat selanjutnya menjelaskan bagaimana sapi itu diproses dan dibakar dan abunya dicampur ke dalam air yang disucikan. Mereka yang menjadi najis karena menyentuh mayat manusia akan disucikan dengan memercikkan air yang dicampur dengan abu pada mereka dua kali: sekali tiga hari setelah mereka bersentuhan dengan mayat dan yang kedua tujuh hari setelah kontak. 

Taurat menceritakan bahwa seekor sapi betina merah dibawa ke Elazar sang Imam, putra Nabi Harun, dan diproses abunya untuk ritual itu. Menurut Talmud, abu itu digunakan sejak saat itu hingga akhir periode Kuil Pertama. Selama periode Bait Suci Kedua, lima sampai tujuh sapi dara merah dibakar untuk abunya. Maimonides menulis dalam ringkasannya tentang hukum Yahudi, Mishneh Torah (Laws of the Red Heifer, 3:4), bahwa sapi merah berikutnya akan dibawa oleh Mesias. 

Kisah umat Yahudi dan sapi betina merah ini juga diabadikan dalam Alquran Surah Al-Baqarah. Dalam bahasa Arab, Al-Baqarah artinya sapi betina. Mengapa Sapi Dara Merah Penting? Di zaman modern, semua orang Yahudi, termasuk kohanim, dianggap tidak murni dengan kenajisan yang diberikan oleh seorang mayat. 

Sementara dalam kehidupan sehari-hari di zaman modern status ini tidak memiliki banyak efek praktis, mereka yang najis dengan jenis najis ini dilarang memasuki Bait Suci. 

Kohanim yang tidak murni dengan jenis ketidakmurnian ini dengan demikian dicegah untuk melakukan layanan yang diperlukan di Bait Suci dan perlu dimurnikan dengan abu sapi merah sebelum dapat melayani lagi, membuat pembuatan abu seperti itu menjadi persyaratan yang diperlukan untuk setiap upaya untuk membangun kembali Bait Suci di Yerusalem. 

Non-Yahudi dan Sapi Merah Ini bukan pertama kalinya orang non-Yahudi membantu menyediakan sapi dara merah kepada orang-orang Yahudi. Talmud (Kiddushin 31a) menceritakan bahwa seorang non-Yahudi bernama Dama ben Netina menolak untuk memberikan permata yang dibutuhkan untuk kuil, meskipun ada tawaran hadiah yang besar, karena fakta bahwa ayahnya sedang tidur di atas kunci kotak yang memegang permata dan dia tidak ingin mengganggu istirahat ayahnya. 

Sebagai imbalan atas rasa hormat yang dia tunjukkan kepada ayahnya, seekor sapi dara merah lahir di kawanan ben Netina tahun berikutnya dan dia bisa menjual sapi itu di kuil dengan uang yang akan dia dapatkan jika dia menjual permata itu kepada mereka.

*Sumber: https://international.sindonews.com/read/897241/43/5-sapi-merah-sempurna-gemparkan-israel-dianggap-seperti-kisah-surah-al-baqarah-1664316561

Editor : Yuswantoro

Follow Berita iNews Waykanan di Google News

Halaman : 1 2 3 4
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.