Logo Network
Network

Inilah Profil dan Riwayat 7 Pahlawan Revolusi Korban Penghianatan PKI

Komaruddin Bagja
.
Kamis, 29 September 2022 | 23:50 WIB
Inilah Profil dan Riwayat 7 Pahlawan Revolusi Korban Penghianatan PKI
Inilah Profil dan Riwayat Karier 7 Pahlawan Revolusi Korban Penghianatan PKI, Foto: iNews.id

Pengalamannya di bidang intelijen sangat penting bagi TNI saat itu. Ia disebut telah mengetahui rencana-rencana PKI yang ingin membentuk angkatan kelima. Nahas, ia diculik dan dibunuh bersama para jenderal lain pada 1 Oktober 1965 dini hari. Pangkat terakhirnya adalah Mayjen sebelum diberi gelar anumerta Letnan Jenderal (Letjen) setelah meninggal.

4. Letjen (Anumerta) M.T. Haryono

Mas Tirtodarmo Haryono atau yang lebih dikenal dengan M. T. Haryono lahir pada 20 Januari 1924 di Surabaya, Jawa Timur. Haryono pernah mengikuti Ika Dai Gaku (sekolah kedokteran) di Jakarta pada masa pendudukan Jepang.

Baru setelah kemerdekaan Indonesia, M. T. Haryono terjun ke militer dengan bergabung bersama TKR dan meraih pangkat Mayor.

Ia piawai dalam berbahasa Belanda, Inggris, dan Jerman. Haryono kemudian fokus di Kementerian Pertahanan dan sempat menjabat sebagai Sekretaris Delegasi Militer Indonesia. 

Pada tahun 1950, ia kemudian menjadi Atase Militer RI untuk Negeri Belanda dan Direktur Intendans dan Deputi Ill Menteri/Panglima Angkatan Darat tahun 1964. Nahas, di tahun M. T. Haryono gugur di tahun 1965 bersama dengan para petinggi TNI AD lain. 

Pangkat terakhirnya adalah Mayjen sebelum diberi gelar anumerta Letnan Jenderal setelah meninggal. Pangkat terakhirnya adalah Mayjen sebelum diberi gelar anumerta Letnan Jenderal (Letjen) setelah meninggal.

5. Mayjen (Anumerta) D. I. Panjaitan

Donald Ignatius Panjaitan atau D. I. Panjaitan adalah perwira yang lahir pada 9 Juni 1925 di Balige, Tapanuli. Saat pendudukan Jepang, ia menempuh pendidikan militer Gyugun. 

D.I. Panjaitan sempat ditempatkan di Pekanbaru, Riau hingga masa proklamasi kemerdekaan. Setelah Indonesia merdeka, ia ikut dalam membentuk TKR dan memiliki karier cemerlang di militer.

Menjelang akhir hayatnya, D.I. Panjaitan diangkat menjadi Asisten IV Menteri/Panglima Angkatan Darat dan memperoleh tugas belajar ke Amerika Serikat. Pangkat terakhirnya adalah Brigjen sebelum diberi gelar anumerta Mayor Jenderal (Mayjen) setelah meninggal.

Follow Berita iNews Waykanan di Google News

Halaman : 1 2 3 4
Bagikan Artikel Ini