get app
inews
Aa Read Next : Seorang Wanita Kehilangan HP dan Uang saat Sedang Sakit dan Dirawat Inap di Rumah Sakit Haji Kamino

Miris, Balita Penderita Down Syndrome di Kasui Butuh Uluran Tangan Dermawan

Sabtu, 01 Oktober 2022 | 08:54 WIB
header img
Miris, Balita Penderita Down Syndrome di Kasui Butuh Uluran Tangan Dermawan, Foto: SMSI WK

WAY KANAN, iNewswaykanan.id – Malang sekali nasib seorang bocah buah hati pasangan Musinah- Eko Saputra itu, tidak seperti layaknya rekan sebayanya. Kondisinya yang lemah dan terkulai, hanya bisa tertidur dikasur tipis, di lantai rumah.

Dokter memvonis anak keempat dari pasangan tersebut, menderita Down Syndrome yang mengakibatkan sering kejang. 

“Sudah dari lahir. Waktu umur tiga hari, dia kejang-kejang, kami bawa ke dokter Putu di Banjit, dirawat semalam, terus dirujuk ke rumah sakit Kamino (Baradatu) tiga malam, dirujuk lagi ke Abdoel Abdul Moeloek (RSUDAM) satu bulan,” kata Musinah (35), dirumah kediamannya, Jum’at (1/10/2022).

Musinah, Warga Karanglantang, Kecamatan Kasui Kabupaten Waykanan itu menuturkan, bantun yang pernah diberikan pemerintah daerah hanya sekali, pada saat umur Putri, tiga tahun. 

“Dapat bantuan sembako, kalau bantuan sosial lain, kami tidak dapat, sejak covid, sampai hari ini. Kalau mau berobat lagi, kami sudah tidak mampu untuk bayar pengobatannya. Jadi kami rawat dirumah saja,” ujarnya, seraya menyebut kelahiran putri ketiganya itu, pada 08 Maret 2015.

Belum lama ini, kata Musinah, anaknya tersebut juga harus dirawat lagi ke Rumah Sakit Kamino Baradatu, Way Wanan. 

“Iya karena kumat lagi, makanya kami bawa lagi berobat ke Rumah Sakit Kamino, terus dapat rujukan ke Rumah Sakit Zapa (Zainal Abidin Pagar Alam, RED). Tapi kami ga kesana (RS Zapa..Red) karena suami saya sudah putus asa. kalau dibawa ke Zapa jelas akan dirujuk lagi ke Abdul Moeloek. Kami sudah tidak ada biayanya,” kata dia, sedih.

Harapannya, ada uluran pemerintah daerah dan donator untuk bisa membawa anaknya berobat hingga sembuh.

“Untuk makan sehari-hari aja kami ini susah, apalagi mau untuk berobat yang biayanya gak sedikit,” ujar Musinah.

Untuk diketahui, Down Syndrome adalah kelainan genetik yang menyebabkan penderitanya memiliki tingkat kecerdasan yang rendah dan kelainan fisik yang khas.

Balita yang mengalami Down Syndrome cenderung memiliki keterbelakangan mental. Semua perkembangannya baik motorik, sensorik, hingga sosial pun mengalami keterlambatan.

Editor : Yuswantoro

Follow Berita iNews Waykanan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut