get app
inews
Aa Read Next : Ketua Umum MUI Pusat Kunjungi Ponpes Wali Barokah, Beri 3 Pesan Penting untuk FKUB Kota Kediri

Cerita Gunung kawi dan Kisah Mistisnya

Selasa, 04 Oktober 2022 | 20:09 WIB
header img
Cerita Gunung kawi dan Kisah Mistisnya, Foto: Facebook Dinkydi Bali

JAWA TIMUR, iNewswaykanan.id - Kawi merupakan gunung api tidak aktif terletak di Kabupaten Blitar dan Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Sejumlah kisah misteri Gunung Kawi, tempat pesugihan dipercaya untuk bikin kaya 7 turunan, Gunung Kawi banyak dikaitkan dengan hal-hal mistis dan beragam mitos.

Gunung Kawi sering dijadikan sebagai tempat untuk melakukan pesugihan untuk mencari kekayaan lewat jalan pintas, serta ritual mistis lainnya. Spot paling banyak dikunjungi peziarah adalah Pasarean atau pemakaman yang dikeramatkan.

Pendopo Gunung Kawi

Dalam perjuangannya melawan Belanda kala itu Pangeran Diponegoro dibantu oleh Kiai Zakaria II alias Eyang Jugo, pria keturunan Tionghoa juga kerabat dari Keraton Kertosuro.

Tertangkapnya Pangeran Diponegoro membuat Eyang Jugo lantas mengembara hingga tiba di Kesamben, Blitar. Masa itu ada sebuah wabah penyakit di desa tersebut, dengan kemampuan Eyang Jugo menyembuhkan penyakit ia kemudian dizinkan untuk tinggal hingga diberi satu lahan sawah yang kemudian ia gunakan untuk mendirikan padepokan sebagai sebuah jalan dakwah.

Masa Eyang Jugo tinggal di Kesamben, seorang teman akrabnya bernama Iman Soedjono sebelumnya ia merupakan salah satu putra Kanjeng Sinuhun Hamengku Buwono I yang memilih lengser keprabon akibat perjuangannya melawan penjajah Belanda. Iman Soedjon ikut menyusulnya dan tinggal di padepokan tersebut.

Di akhir menjelang meninggalnya Eyang Jugo, meminta untuk dimakamkan ke Wonosari, Kabupaten Malang, tenpat pesarean saat ini. Tak lama setelah kematian Eyang Jugo, Iman Soedjono juga meninggal dan dimakamkan di komplek yang sama.

Makam atau dalam bahasa jawanya pesarean itu lantas menjadi jujukan ziarah dan dikenal dengan Pesarean Gunung Kawi karena berada di lereng Gunung Kawi.

Tempat Pesugihan

Terlepas dari suburnya gunung Kawi, tak sedikit orang yang datang melakukan ritual untuk mendapatkan kekayaan dalam waktu singkat. Beberapa orang yang meyakini hal ini dikarenakan benerapa tempat berikut dipercaya dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah secara mudah.

1. Petilasan Prabu Sri Kameswara, tak jauh dari makam eyang Jugo terdapat kraton yang pada zaman dulu dikabarkan setelah sang prabu bertapa di tempat tersebut ia mampu untuk menyelesaikan masalah politik yang tengah terjadi di kerajaannya.

3. Air bertuah, air ini disebut sebut sebagai tetesan air zam-zam. Di kawasan ini juga terdapat kendi berisi air bertuah yang dipercaya mampu untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Terlepas dari benar atau tidaknya hal ini, jauh lebih baik agar kita bekerja keras untuk mendapatkan suatu hal yang diinginkan.

3. Pohon Dawandru, pohon yang tumbuh di area makam ini dipercaya ditanam oleh Eyang Jugo. Sebagian orang mempercayai apabila menyimpan dahan, buah, atau batangnya yang jatuh kekayaannya akan bertambah.

*Sumber: https://travel.okezone.com/read/2022/10/03/406/2679634/kisah-misteri-gunung-kawi-pesugihan-bikin-kaya-7-turunan

Editor : Yuswantoro

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut