get app
inews
Aa Read Next : Lapas Way Kanan Bersama Puskesmas Negeri Baru Gelar Penyuluhan Kesehatan Bagi Warga Binaan

Senator DPD RI Bustami Zainudin: Sungguh Biadab Guru yang Mencabuli Muridnya Sendiri

Minggu, 09 Oktober 2022 | 14:22 WIB
header img
Senator DPD RI Bustami Zainudin: Sungguh Biadab Guru yang Mencabuli Muridnya Sendiri, Foto: Dokm. Senator Bustami.

JAKARTA, iNewswaykanan.id - Wakil ketua komite ll Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Bustami Zainudin mengecam keras dan menyatakan sungguh sangat biadab adanya Guru SDN inisial DR asal Way Kanan yang telah mencabuli 5 muridnya sendiri. Begitu pernyataan keras Bustami ketika dimintai tanggapannya, Minggu (09/10/2022).

Senator Bustami menyatakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Way Kanan dan seluruh stakeholder terkait harus secara serius melihat persoalan ini. Karena jelas kejadian ini akan menghancurkan masa depan peserta didik yang menjadi korban. Aparat Kepolisian harus mengusut persoalan ini sampai tuntas. Kita mengapresiasi gerak cepat aparat kepolisian. Namun, terpenting harus juga dicari akar persoalan kenapa hal ini bisa terjadi.

Apalagi kejadian seperti ini bukan yang pertama kali, bahkan juga banyak terjadi juga di daerah lain, dengan korban yang lebih banyak.

Penegakan hukum dengan sangat tegas penting, penanganan korban dengan. Memberikan pendampingan secara maksimal bagi para korban juga harus menjadi prioritas. Namun, upaya mencari akar masalah untuk kemudian dicarikan solusi agar tidak muncul korban korban baru juga mesti secara komprehensif dan menyeluruh perlu secepatnya di lakukan.

Jajaran Dinas Pendidikan Kabupaten Way Kanan, Pihak Sekolah, Komite Sekolah, para orang tua murid, dan warga sekitar mesti memberikan perhatian dan kepedulian lebih guna menyelamatkan anak anak kita dari para predator anak yang sangat jahat dan bejat ini. 

"Kejadian ini mengirimkan pesan yang jelas kepada kita, bahwa lembaga pendidikan khususnya di level bawah (SD dan SMP sederajat) belum sepenuhnya aman, belum sepenuhnya ramah bagi anak anak kita," ujar Senator Bustami.

Lebih lanjut Senator menuturkan, gerakan sekolah Ramah Anak yang sudah dicanangkan di Kabupaten Way Kanan jangan hanya sekedar slogan, seremonial belaka, harus benar benar dapat diwujudkan, sehingga anak anak kita merasa aman dan nyaman ketika berada di sekolah.

Menurutnya, harus ada strategi deteksi dini, tindakan pengawasan dan kontrol yang konsisten untuk meminimalisir tindakan tindakan kekerasan, baik fisik maupun verbal, tindakan pelecehan sexual, yang mengancam anak anak kita, sebagai calon generasi muda bangsa.

"Saya minta dengan sangat, Polres Way Kanan secara maksimal dan serius menangani kasus ini, usut tuntas, dan kepada penegak hukum bisa memberikan hukuman maksimal sehingga memberikan efek jera," pungkas Senator.

Editor : Yuswantoro

Follow Berita iNews Waykanan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut