get app
inews
Aa Read Next : Jelang Lebaran, Jasad Pelajar Ditemukan Tewas dalam Kondisi Gantung Diri di Lampung

Senator Bustami Zainudin Bergumul dengan Para Seniman Reog dan Jaranan Lampung

Minggu, 16 Oktober 2022 | 15:21 WIB
header img
Senator Bustami Zainudin Bergumul dengan Para Seniman Reog dan Jaranan Lampung, Foto: Senator Bustami.

BANDAR LAMPUNG, iNewswaykanan.id - Bustami Zainudin, senator asal Lampung menghadiri gelaran Festival Reog dan Jaranan yang di laksanakan oleh Paguyuban Turonggo Cipto Manunggal, Kota Metro, Minggu (16/10/2022).

Kegiatan Festival Reog dan Jaranan ini di gelar dalam rangka Pengukuhan Kepengurusan Paguyuban Turonggo Cipto Manunggal Kota Metro, dan dimeriahkan dengan pergelaran 200 Barongan, puluhan group Reog dan Jaranan yang ada di Kota Metro dan Provinsi Lampung.

Bustami nampak berada ditengah tengah hiruk pikuk para seniman dan masyarakat. Bahkan saking bangganya atas kehadiran Bapak Senator yang sangat merakyat ini, Bustami diberi kesempatan untuk naik diatas kepala Dadak Merak, kepala Harimau berhiaskan bulu burung merak. Sungguh, bentuk apresiasi yang luar biasa.

Ketika dimintai tanggapannya terhadap kegiatan seni budaya ini, Bustami memberikan apresiasi yang luar biasa dan ikut bangga, bahwa betul seni Reog dan Jaranan adalah seni budaya khas dari Jawa, khususnya Jawa Timur, tapi telah begitu menyatu dengan masyarakat Lampung.

Bahkan pemain Reog dan Jaranan dewasa ini tidak hanya berasal dari saudara saudara kita dari Jawa, tapi telah bercampur, ada yang Lampung, Palembang dll.

 "Ini menunjukkan bahwa seni budaya itu bersifat universal, dan bisa diterima oleh masyarakat dimanapun berada," ungkap Senator Bustami.

Tentu ke depan, lanjut Senator, perhatian atas pelestarian, pengembangan dan pembinaan terhadap seni seni daerah, tradisional yang telah tumbuh dan berkembang di masyarakat, harus mendapatkan prioritas sehingga makin tumbuh, berkembang dengan baik.

Seni budaya daerah adalah salah satu kahsanah kebudayaan nasional yang telah berhasil memperkokoh dan mempererat tali persatuan dan kesatuan bangsa. Oleh karenanya, kita semua tanpa kecuali, harus memberikan perhatian yang baik, baik dalam tataran kebijakan dan juga anggaran.

Sesuai dengan Undang Undang Pemajuan Kebudayaan, pemerintah pusat dan daerah, punya tanggung jawab yang sama dalam pengembangan dan pemajuan kebudayaan. 

"Kami memberi apresiasi yang luar biasa terhadap keluarga besar Paguyuban Turonggo Cipto Manunggal Provinsi Lampung yang dikomandani oleh Mas Joni ini, yang secara konsisten terus melakukan konsolidasi, membangun kerjasama, sinergitas dan kegotong Royongan dalam pembinaan, pelestarian dan pengembangan Seni Reog dan Jaranan di provinsi Lampung selama satu dekade ini," ujarnya.

"Tentu ini sumbangsih yang luar biasa dan sepatutnya mendapatkan apresiasi dan penghargaan lebih," tutupnya.

Editor : Yuswantoro

Follow Berita iNews Waykanan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut