get app
inews
Aa Read Next : Jelang Lebaran, Jasad Pelajar Ditemukan Tewas dalam Kondisi Gantung Diri di Lampung

Senator Bustami Zainudin Himbau Pemerintah Daerah Siaga Bencana

Selasa, 18 Oktober 2022 | 10:17 WIB
header img
Senator Bustami Zainudin Himbau Pemerintah Daerah Siaga Bencana, Foto: Dokm. DPD RI.

BANDAR LAMPUNG, iNewswaykanan.id - Bustami Zainudin, Senator asal Lampung meminta pemerintah provinsi dan kabupaten/kota di provinsi Lampung segera melakukan siaga bencana guna mengantisipasi dan mengatasi potensi bencana yang akan terjadi, karena musim penghujan sudah mulai datang dan adanya abnormalitas cuaca. 

Pernyataan ini disampaikan Wakil ketua komite 2 Bustami Zainudin dalam keterangan tertulis yang diterima media iNewswaykanan.id , hari ini, Selasa (18/10/2022).

Melihat rentetan musibah banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi di berbagai daerah mulai dari Jembrana Bali, Blitar Jawa Timur beberapa hari terakhir, tak terkecuali di Pesibar dan Suoh Lambar Provinsi Lampung, maka kita mesti melakukan antisipasi cepat akan kemungkinan meningkatnya eskalasi kejadian bencana alam baik banjir maupun tanah longsor. Kesiapan personil dari berbagai tingkatan dan peringatan dini kepada masyarakat harus terus dioptimalkan. 

BPBD provinsi, kabupaten dan kota di provinsi Lampung harus secara serius meningkatkan persiapan siaga bencana, baik dari segi strategi penanganan bencana, penyiapan sarana dan prasarana serta personil yang profesional dan memadai. Tidak kalah pentingnya adalah upaya edukasi masyarakat dalam menghadapi bencana.

Ini semua diperlukan sebagai antisipasi agar ketika terjadi bencana, penanganan dan evakuasinya bisa lebih cepat, sehingga kemungkinan jatuhnya korban dapat diminimalisir bahkan dinihilkan. Kejadian banjir dan tanah longsor, serta bencana alam lainnya ketika memasuki musim penghujan, ditambah lagi dengan adanya iklim dan cuaca yang tidak normal, tentu menjadi sesuatu yang rutin terjadi. Oleh karenanya antisipasi dan kesiapan kita semestinya bisa dilakukan secara lebih dini, maksimal dan komprehensif. Keterlibatan, sinergitas dan kolaborasi seluruh pihak yang berkepentingan sangat penting dan perlu terus ditingkatkan.

Guna memastikan langkah langkah antisipasi dimaksud, Bustami Zainudin dalam kaitan kegiatan Reses DPD RI, melakukan kunjungan ke BPBD Provinsi (Senin, 17/10/2022) dan di terima langsung oleh Kepala BPBD Provinsi Lampung Bapak Rudy Sawal bersama Bapak Azis di Kantor BPBD. Dalam paparannya, Kepala BPBD Lampung telah menyiapkan beberapa strategi dan langkah kegiatan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana di provinsi Lampung. 

Dalam kaitan ini, Bustami mengapresi langkah langkah yang telah dilakukan oleh BPBD Provinsi Lampung, namun juga menyarankan kiranya koordinasi dengan Bazarnas dan stakeholder lain perlu ditingkatkan. 

"Sehingga kesiapan dan kesigapan kit dalam menghadapi kemungkinan bencana bisa lebih maksimal," tutup Senator.

Editor : Yuswantoro

Follow Berita iNews Waykanan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut