get app
inews
Aa Read Next : Jelang Pilgub, Ketua Demokrat Lampung Merapat ke Hanan

KPU Way Kanan Gelar Kegiatan Ngobrol Pintar Pemilu di Cafe Nginum Pai

Jum'at, 18 November 2022 | 07:39 WIB
header img
KPU Kabupaten Way Kanan Melaksanakan Kegiatan Ngopi atau Ngobrol Pintar Pemilu di Cafe Nginum Pai, Foto: KPU WK.

WAY KANAN, iNewsWayKanan.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Way Kanan Melaksanakan Kegiatan “Ngopi” (Ngobrol Pintar Pemilu) bertempat di café Nginum pai yang bertempat di SP 3, Blambangan Umpu, 18 November 2022.

Dihadiri oleh Kadiv Hukum dan Pengawasan Doan Endedi Kadiv Parmas dan Sosdiklih Tri Sudarto dan Kadiv Teknis Peyelenggaraan Noprisyah Harianto dan Staf Teknis KPU Way Kanan.

Kegiatan ini melibatkan 3 Narasumber yaitu Tri Sudarto (KPU Way Kanan) Kadiv Parmas dan Sosdiklih, Yessi Karnaisyah (Ketua Bawaslu Way Kanan) dan Dedi Iskandar (Kabag Kesbangpol) dan mengundang Peserta berjumlah 25 orang yang terdiri dari Ketua Forum Camat, Ketua Apdesi, Ormas antara lain KNPI, Karang Taruna, Pemuda Muhammadiyah ,Nasyatul Aisyah ,Gp Ansor Fatayat NU, PMII, IPNU, IPPNU, Sapma PP, PEmuda Panca Marga, HMI, Peradah, dan Pemilih Pemula mewakili Sekolah SMAN 1 Blambangan Umpu , SMAN 2 Umpu Semenguk dan SMAN 3 Blambangan Umpu.

Kegiatan dibuka langsung oleh Doan Endedi,S.H dalam sambutannya mengatakan menapresiasi kepada Peserta undangan yang telah meyempatkan hadir untuk memenuhi undangan KPU.

Doan Endedi juga menjelaskan tetang Program NGOPI merupakan program unggulan Divisi Parmas Sosdiklih yang telah dicetuskan dari tahun 2017, dimana saat itu, Pak Erwan masih menjabat sebagai anggota KPU Way Kanan sebagai Ketua Divisi Sosialisasi, artinya ini bukan program yang baru, hanya saja saat ini dikemas dengan lebih modern. Ngobrol Santai Tapi Serius.

Tri Sudarto Kadiv Divisi Parmas sekaligus menjadi Narasumber mengatakan pemilihan umum Tahun 2024 serentak, pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang, maka partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya sangat diharapkan, terutama peningkatan partisipasi terhadap kaum milenial yaitu pemilih Pemula.

 “Pemilih pemula ini perlu didorong untuk antusias datang ke tempat pemungutan suara, guna memilih calon-calon pemimpin sesuai dengan aspirasinya tidak hanya itu saja pemilih pemula juga bisa juga menjadi peyelenggaran dan pemantau pemilu itu juga merupakan bentuk dari peningkatan partisipasi pemilih (tegas Tri).

Tri Sudarto memberikan Informasi Untuk Rekrutmen PPK dan PPS ada sedikit perbedaan di tahun 2022 ini, pendaftaran dilakukan secaran online melalui link Website Siakba.kpu.go.id yang bisa diakses langsung secara mandiri oleh masyarakat. Pembukaan secara resmi akan dibuka pada tanggal 20 November 2022, untuk info lebih lanjut bisa langsung dengan menngikuti akun media social KPU Way Kanan atau bisa hubungi Helpdesk Siabak (0821 7716 9055).

Yessi Karnainsyah menjadi narasumber kedua menyampaikan dalam penyelenggaraan demokrasi elektoral atau Pemilu salah satu jenis pelanggaran paling sering menjadi sorotan publik adalah politik uang. Ironi politik uang di Indonesia ini sudah menjadi isu langganan dalam setiap kontestasi demokrasi, baik dalam kontestasi pemilu dan pemilihan. 

Yessi juga menambahkan Politik uang tidak hanya merusak demokrasi akan tetapi bisa berimplikasi dengan lahirnya pemilu yang jauh dari asas jujur dan adil.

Strategi pencegahan lebih diutamakan dalam proses pengawasan. Disamping itu diupayakan peningkatan pengawasan partisipatif yang melibatkan seluruh masyarakat sangat diperlukan.

Dedi Iskandar Kabag Politik mengatakan Demokratisasi pendidikan bukan hanya sekedar prosedur, tetapi juga nilai-nilai pengakuan dalam kehormatan dan martabat manusia. Dalam hal ini, melalui upaya demokratisasi pendidikan diharapkan mampu mendorong munculnya individu yang kreatif, kritis, dan produktif.

acara dilanjutkan dengan berdiskusi agar peserta juga bisa menyampaikan pertayaan atau saran untuk meningkatkan partisipasi pemilih dan membuat pemilu 2024 bersih dari politik uang.

Editor : Yuswantoro

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut