get app
inews
Aa Read Next : 5 Permintaan LDII untuk Presiden dan Wapres RI Terpilih

Pertama Kali dalam Sejarah, Belanja Pendidikan RI Tembus Rp600 Triliun

Jum'at, 03 Februari 2023 | 19:29 WIB
header img
Pertama Kali dalam Sejarah, Belanja Pendidikan Tembus Rp600 Triliun, Foto: FB INews.id

JAKARTA, iNewsWayKanan.id - Anggaran pendapatan belanja negara (APBN) hadir untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM). Salah satunya melalui belanja pendidikan yang tahun ini menembus Rp600 triliun.

Diketahui bahwa hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawatidi Jakarta, Kamis (2/2/2023).

“Untuk pertama kalinya dalam sejarah belanja pendidikan kita akan mencapai di atas Rp600 triliun, yaitu Rp612 triliun. Ketika saya pertama kali diangkat sebagai Menkeu pada tahun 2005-2006, total anggaran Indonesia tidak lebih dari Rp550 triliun. Itu total anggarannya. Saat ini total belanja pendidikan akan lebih besar dari Rp600 triliun,” ujar Sri Mulyani.

Menurut dia, APBN 2023 akan terus membangun fondasi yang lebih kuat bagi perekonomian Indonesia, dengan memastikan bahwa pengeluaran dan seluruh fiskal akan mendukung kualitas pertumbuhan. 

Menkeu menjelaskan, kualitas pertumbuhan ini akan diukur dengan indeks kualitas manusia. Oleh karena itu, pengeluaran untuk pendidikan, kesehatan, serta perlindungan sosial tetap menjadi yang terbesar dalam APBN 2023. 

Hal ini, lanjutnya, untuk memberi gambaran besarnya dan alokasi yang terus didedikasikan pemerintah dalam rangka peningkatan SDM. Dalam hal ini, belanja tidak hanya akan dilakukan pemerintah pusat, namun juga melalui belanja pemerintah daerah yang secara langsung meningkatkan kualitas manajemen sekolah hingga pengajaran dan juga memberikan dukungan dengan cara yang jauh lebih fleksibel dan inovatif.

Editor : Yuswantoro

Follow Berita iNews Waykanan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut