get app
inews
Aa Read Next : 214 Kampung dan Kelurahan Way Kanan Ikuti Pelatihan Smart Village di Bandar Lampung

Inilah Penampakan Desa yang Dinobatkan Terbersih di Dunia

Senin, 06 Februari 2023 | 09:46 WIB
header img
Alasan Penglipuran Dinobatkan sebagai Desa Paling Bersih di Dunia, Bebas Polusi Udara, Foto: Wonderful Indonesia/iNews.id

JAKARTA, iNewsWayKanan.id - Pernah dinobatkan menjadi desa paling bersih di dunia, Desa Penglipuran di Bali memiliki keunikan yang membedakan dengan desa-desa lain di Pulau Bali.

Diketahui bahwa Desa Penglipuran berada di Kelurahan Kubu, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali.

Kerennya lagi, yang membuat udara di Desa Penglipuran terasa sejuk, Desa ini berada di ketinggian 600-650 meter di atas permukaan laut (Mdpl).

Dan yang membuat Indah adalah hutan bambu yang mengelilingi Desa Penglipuran. Seluruh kawasan di Desa Penglipuran juga dihiasi tanaman hijau sehingga desa ini terlihat asri. 

Inilah beberapa alasan mengapa desa ini dinobatkan Desa Paling Bersih di Dunia.

Pertama, desa ini melarang penggunaan kendaraan bermotor. Hal ini bertujuan untuk menghindari polusi udara. Wisatawan yang datang ke desa ini mengeksplorasi Desa Penglipuran dengan berjalan kaki atau menggunakan sepeda.

Kedua, dilarang membuang sampah sembarangan! Warga Desa Penglipuran menjaga betul lingkungan di desanya, sehingga tak ada sampah yang berserakan di jalan.

Bagi wisatawan yang datang, tak ada alasan membuang sampah sembarangan, karena tempat sampah tersedia di setiap 30 meter.

Dikutip dari laman Wonderful Indonesia, Desa Penglipuran masuk dalam Sustainable Destinations Top 100 Versi Green Destinations Foundation.

Penghargaan lain yang diraih Desa Penglipuran adalah Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) Award 2017.

Desa Penglipuran pernah menyabet Kalpataru, penghargaan bergengsi di bidang lingkungan hidup.

Berita ini sudah terbit di INews.id dengan judul: Alasan Penglipuran Dinobatkan sebagai Desa Paling Bersih di Dunia, Bebas Polusi Udara.

Editor : Yuswantoro

Follow Berita iNews Waykanan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut