get app
inews
Aa Read Next : Kapolres Way Kanan Pimpin Sertijab Kasat Samapta dari AKP Jahtera ke AKP Mohamad Sugeng

Kadis Perkebunan Berharap Lada Bisa Berkembang di Lahan yang Potensi di Way Kanan

Selasa, 21 Februari 2023 | 08:38 WIB
header img
Kadis Perkebunan Berharap Lada Bisa Berkembang di Lahan yang Potensi di Way Kanan. Foto: Ganda

WAY KANAN, iNewsWayKanan.id - Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Way Kanan Rofiki melaksanakan monitoring Kegiatan budidaya tanaman Melada (Lada Sambung) di Kampung Banjar Ratu, Kecamatan Gunung Labuhan.

Rofiki menjelaskan bahwa uji coba Pembibitan lada sambung, mulai dikembangkan oleh petani di 7 kelompok tani (Poktan) seluas 100 hektar pada tahun 2021, yang terletak di 3 Kampung yakni Kampung Banjar Ratu, Kampung Bengkulu, Kampung Gunung Sari Kecamatan Gunung Labuhan, Kabupaten Way Kanan.

"Ini merupakan tahun ketiga dilaksanakan di Way Kanan, dan tahun ini adalah analisis tahap akhir uji coba lada sambung (melada), selain dapat bibit melada juga dapat pupuk NPK dan pupuk organik pada awal tahun pelaksanaan program tersebut,_ terang Rofiki dalam keterangan tertulis yang diterima iNewsWayKanan.id, Selasa (21/02/2023).

Poktan sangat antusias dengan kehadiran Kepala Dinas perkebunan yang langsung ke lokasi dan saling sharing terkait tanaman melada untuk meciptakan inovasi- inovasi dalam pengembangan uii coba budidaya tanama Melada. 

Turut hadir pada kegiatan tersebut yakni, Jafung penyuluh muda, Syamsuri dan pendamping perkebunan yaitu Rita, Rico, Rifki dan Maulidi.

"Harapannya lada masih bisa berkembang di lahan yang potensi di Kabupaten Way Kanan," katanya.

"Produksi lebih meningkat karna tanaman lada yang disambung dengan Melada, tahan terhadap jamur penyebab penyakit busuk pangkal batang, karna lada lebihan tahan dari penyakit," tutup Rofiki.

Editor : Efan Febrianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut