get app
inews
Aa Read Next : Pilkada 2024, PDI Perjuangan Way Kanan Buka Penjaringan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati

Menginjak Usia 24 Tahun, Berikut Sejarah Singkat dan Capaian Kabupaten Way Kanan

Jum'at, 28 April 2023 | 21:05 WIB
header img
Menginjak Usia 24 Tahun, Berikut Sejarah Singkat dan Capaian Kabupaten Way Kanan, Foto: Tri Rahman.

WAY KANAN, INewsWayKanan.id - Kabupaten Way Kanan menginjak usia yang ke- 24 tahun tepat pada kemarin tanggal 27 April. Dan pada hari bersejarah tersebut Kabupaten Way Kanan memperingati dengan mengelar Apel upacara dan rapat paripurna digedung DPRD Kabupaten Way Kanan.

Momentum hari Jadi Kabupaten Way Kanan dengan mengusung tema "Pulih Bersama, Berdaya Bersama".

Seketaris Daerah (Sekda) Kabupaten Way Kanan Saipul mengatakan, untuk sejarahnya ini sebenarya panjang kalau untuk diceritakan. Pisah dari Sumatra Selatan, berdirinya Lampung, berawal dari 3 Kabupaten yang ditambah 2 kota madya yaitu Bandar Lampung.

"Kalau kisahnya panjang ceritanya, pada waktu itu salah satu kabupaten yang ingin dikembangkan yaitu kabupaten kita, tapi pada tahun 1999 baru bisa disahkan bersama'an dengan Metro dan Lampung Timur," ungkapnya saat memberikan keterangan Jumat (28/04/2023).

Saipul menjelaskan, untuk diketahui luas kewilayahan kabupaten Way Kanan ini adalah yang luas kedua setelah Lampung Timur.

"Kabupaten kita ini luas kedua dilampung setelah Lampung Timur, untuk dari sisi kemajuan dari desa tertinggal dan kemiskinan Way Kanan cukup bagus kita tinggal 11% dan pertumbuhan ekonomi kita juga bagus,"ungkapnya.

Saipul mengatakan, untuk dari capaian kita bisa liat dari sisi makro dan pertumbuhan.

"Jadi pertumbuhan Kabupaten Way Kanan kita itu cepat, kita bisa liat dari musrembang tingkat propinsi kemaren, kabupaten kita paling terbaik dari sisi pertumbuhan makro, pertumbuhan makro itu data yang dhimpun yang dikeluarkan langsung oleh BPS langsung," ujarnya.

Saipul kembali menjelaskan, untuk dari sisi infrastruktur kita tidak jauh jauh berbeda ada kemajuan.

"Kita juga bisa liat cakupan listrik, Way Kanan ini kan wilayah wilayah register, jadi kita hampir 100% ter'aliri, kecuali kantong kantong yang jauh dari induknya itu ada yang belum, jadi kita sudah cukup jauh meninggalkan kabupaten lain nya, jadi itinya untuk pertumbuhannya kita sudah diatas rata rata, jadi kita bisa lihat dan mengukurnya, kalau kita mau ukur satu persatu agak panjang dan susah," tuturnya.

Untuk diketahui HUT kabupaten Way Kanan yang ke 24 kali ini hanya ada 3 kegiatan. yang petama Upacara, Paripurna HUT, dan Pengajian yang akan digelar pada tanggal 3 Mei 2023 di Gedung Serba Guna (GSG) Kabupaten Way Kanan.

Editor : Yuswantoro

Follow Berita iNews Waykanan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut