get app
inews
Aa Read Next : Polres Lampung Barat Amankan Residivis Narkoba Asal Pesisir Barat 

Viral! Kejar-kejaran dan Penangkapan Terduga Pengedar Narkoba di Way Kanan, Ini Penjelasan Polisi

Jum'at, 25 Agustus 2023 | 17:53 WIB
header img
Viral! Kejar-kejaran dan Penangkapan Terduga Pengedar Narkoba di Way Kanan, Ini Penjelasan Polisi, Foto: Foto viral.

WAY KANAN, iNewsWayKanan.id - Terkait viralnya pengejaran dan penangkapan pelaku diduga edarkan sabu 111,54 gram diringkus Polres Way Kanan, Kapolres minta semua pihak dukung pengembangan perkaranya.

Satresnarkoba Polres Way Kanan Polda Lampung meringkus pelaku diduga melakukan peredaran gelap narkotika bukan tanaman jenis sabu di Wilayah Kabupaten Way Kanan, Jum’at (25/08/2023). 

Tersangka berinisial TD (53) berdomisili di Desa Negara Ratu Kecamatan Tegineneneng Kabupaten Pesawaran.

Kapolres Way Kanan AKBP Pratomo Widodo menjelaskan dari pelaku TD ini kami mengamankan barang bukti Narkotika jenis shabu dengan berat bruto 111,54 (Seratus sebelas koma lima puluh empat) gram. 

Atas penangkapan pelaku TD beberapa hari lalu, kita masih kembangkan perkaranya, kami berharap semua pihak untuk dapat menunggu rilis dari kami dan mendukung proses pengembangan perkaranya.

Jangan justru membuat gaduh dan akan menyulitkan pengembangan perkaranya. Perlu di ketahui bahwa perkara narkoba adalah kejahatan transnasional dan merupakan kejahatan yang terorganisir dengan jaringan kejahatan yang sangat baik.

"Oleh karena itu kita selalu berhati – hati dalam pengembangan perkaranya. Saya memastikan akan kita ekspos setelah pengembangan perkara sudah maksimal," jelas Kapolres.

Sementara Kasat Narkoba AKP Sigit Barazili menjelaskan penangkapan pelaku TD berawal pada hari Jumat tanggal 18 Agustus 2023 sekitar pukul 17.30 Wib, Polres Way Kanan mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa adanya peredaran gelap Narkotika golongan I bukan tanaman jenis sabu di wilayah hukum Polres Way Kanan.

Menindak lanjuti informasi tersebut Satresnarkoba Polres Way Kanan langsung melakukan penyelidikan. 

Dari hasil penyelidikan tersebut telah berhasil mengamankan 1 (satu) orang laki-laki mengaku berinisial TD karena berdasarkan bukti permulaan yang cukup diduga telah melakukan Tindak Pidana Narkotika.

Dimana pada saat akan dilakukan penangkapan di pinggir jalan depan SPBU di Baradatu TD berusaha melarikan diri dengan menggunakan kendaraan roda 4 (empat) Daihatsu Terios warna putih dengan menggunankan Nomor Polisi palsu BE 1432 YX tidak sesuai nomor rangka dan nomor mesin kendaraan tersebut.

Kemudian petugas melakukan pengejaran dan berhasil mengamankan pelaku di Dusun Talang Plastik Kampung Gunung Sangkaran, Kecamatan Blambangan Umpu, Kabupaten Way Kanan.

Setelah diamankan, kemudian dilakukan penggeledahan hasilnya ditemukan barang/benda yang diduga ada kaitanya dengan Tindak Pidana Narkotika di dalam kotak kardus yang bertuliskan IRC warna biru hijau yang didalamnya terdapat 4 (empat) bungkus plastik klip bening ukuran besar yang didalamnya berisikan kristal putih yang diduga narkotika jenis shabu yang disimpan di kursi belakang mobil Daihatsu Terios warna putih. 

Selanjutnya terhadap TD beserta barang bukti dibawa ke Polres Way Kanan guna dilakukan proses penyidikan lebih lanjut.

"Apabila terbukti mengedarkan yang bersangkutan dapat dikenai dengan pasal 114 ayat (2) dan atau pasal 112 ayat (2) UU RI No 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman pidana penjara seumur hidup atau paling singkat enam tahun dan paling lama 20 tahun,” imbuh Kasat Narkoba.

Editor : Yuswantoro

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut