get app
inews
Aa Read Next : Korda PPIR Way Kanan Ucapkan Selamat Ditetapkannya Prabowo dan Gibran sebagai Presiden RI dan Wapres

Membiasakan Membaca menyenangkan, Siswa-siswi SDN 01 Umpu Kencana Rutin Kunjungi Pustaka Kencana

Minggu, 29 Oktober 2023 | 08:26 WIB
header img
Membiasakan Membaca menyenangkan, Siswa-siswi SDN 01 Umpu Kencana Rutin Kunjungi Pustaka Kencana, Foto: Facebook Pustaka Kencana

WAYKANAN, iNewsWayKanan.id - Siswa-siswi Unit Pelaksana Teknis (UPT) SDN 01 Umpu Kencana, Kecamatan Blambangan Umpu rutin mengunjungi Perpustakaan Kampung Umpu Kencana yaitu Pustaka Kencana di Kampung setempat, Minggu (29/10/2023).

Pengelola Perpustakaan Pustaka Kencana Eko Prasetyo menerangkan bahwa kegiatan Kunjungan siswa-siswi SDN 01 Umpu Kencana dan umum tersebut yaitu untuk membiasakan membaca sebagai hal yang menyenangkan bagi siswa. 

"Buku-buku bacaan non-pelajaran untuk pengayaan dengan ragam judul, warna, ilustrasi gambar dan cerita edukatif tersedia di sini," ungkap Mas Eko sapaan akrabnya.

"Seperti biasa itu mas. Perpus kita buka setiap hari Jumat dan Minggu, antara jam 8-12 siang. Pada waktu layanan tersebut, selalu ada saja masyarakat yang datang berkunjung ke perpustakaan untuk membaca buku," ujarnya.

Eko mengatakan, selain masyarakat umum, kunjungan didominasi oleh anak-anak. Salah satunya pada hari ini (Jumat), ada puluhan anak-anak yang berasal dari UPT SD Negeri 01 Umpu Kencana Kecamatan Blambangan Umpu yang datang berkunjung ke perpustakaan Umpu Kencana.

 Mereka datang bersama salah satu guru pendamping secara beramai-ramai yang kemudian langsung menyerbu dan memilih buku-buku yang akan mereka baca.

 Dalam setiap kunjungan, Perpustakaan Umpu Kencana yang diberi nama "Pustaka Kencana" memiliki buku pengunjung yang berguna untuk mencatat jumlah kunjungan masyarakat. 

Buku-buku yang tersedia di Pustaka Kencana ini sangat bervariasi dan cocok untuk dibaca oleh anak-anak. Saya pribadi selaku pengelola Pustaka Kencana ini berharap bahwa perpustakaan dapat dijadika sebagai pusat belajar masyarakat, baik anak-anak maupun remaja dan orangtua. 

"Hadirnya Pustaka Kencana semoga saja menjadi solusi dalam meningkatkan minat baca masyarakat di Umpu Kencana pada khususnya dan Kabupaten Way Kanan pada umumnya," pungkasnya.

Sementara saat dikonfirmasi Kepala UPT SDN 01 Umpu Kencana

I Nyoman Mardawa, S.Pd.,M.Pd menerangkan, sangat berterimakasih atas hadirnya Pustaka Kencana yang lokasinya berdekatan dengan sekolah, "karena sejalan dengan program sekolah yang di laksanakan untuk pemulihan dan transpormasi pembelajaran melalui penguatan literasi," terangnya.

Editor : Yuswantoro

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut