JAKARTA, iNewsWayKanan.id - Tiktok dan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) resmi bekerja sama meningkatkan pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.
Di mana mereka fokus pada pemberdayaan serta perluasan pasar bagi pelaku UMKM nasional.
Dengan penggabungan kedua bisnis tersebut, TikTok, Tokopedia, dan Grup GoTo berkomitmen memberikan manfaat lebih luas bagi para pelaku UMKM di Indonesia dengan memanfaatkan platform e-commerce, dan mendorong penciptaan jutaan lapangan kerja baru dalam lima tahun mendatang.
"Dengan penggabungan kedua bisnis tersebut, lebih dari 90% merchant merupakan pelaku UMKM," tulis TikTok dalam keterangan resminya, dikutip Selasa (12/12/2023).
Para pelaku UMKM tersebut juga akan mendapatkan dukungan melalui berbagai program dari TikTok, Tokopedia dan Grup GoTo diantaranya, pertama, promosi produk-produk Indonesia pada platform Tokopedia dan TikTok.
Kedua, mendorong peningkatan kapasitas dan kompetensi pelaku UMKM Indonesia melalui program komprehensif. Program ini mendorong pengembangan keahlian dan akses sumberdaya mulai dari hulu (tahap produksi) sampai ke hilir (penjualan).
Adapun yang ketiga memberikan dukungan pemasaran, branding dan praktik bisnis berkelanjutan bagi pedagang.
Kemudian keempat, mendukung pelaku usaha lokal untuk mempromosikan produknya di pasar internasional.
Selanjutnya yang kelima, membuka pusat pengembangan talenta digital di berbagai tempat di Indonesia. Serta terakhir memastikan lokapasar yang memungkinkan persaingan secara wajar.
Untuk memulai inisiatif tersebut, TikTok dan Tokopedia akan menggelar kampanye Beli Lokal yang akan mempromosikan berbagai jenis merchant, dengan fokus utama pada produk asal Indonesia yang digelar bertepatan dengan Hari Belanja online Nasional (Harbolnas).
"Program Beli lokal di aplikasi TikTok, akan memungkinkan para pengguna TikTok berbelanja dan berinteraksi dengan produk lokal favorit mereka," pungkas TikTok.
Diketahui, TikTok Shop beroperasi lagi pada pukul 14.00 WIB siang ini sekaligus menyambut Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).
Artikel ini sudah terbit di Okezone.com dengan judul: TikTok Shop Beroperasi Lagi Pukul 14.00 Siang Ini, 90% UMKM Lokal Diprioritaskan
Editor : Yuswantoro