get app
inews
Aa Read Next : Korda PPIR Way Kanan Ucapkan Selamat Ditetapkannya Prabowo dan Gibran sebagai Presiden RI dan Wapres

Pramuka LDII atau Satuan Komunitas Sekawan Persada Nusantara Bagian dari Gerakan Pramuka Nasional

Kamis, 28 Desember 2023 | 19:20 WIB
header img
Pramuka LDII atau Satuan Komunitas Sekawan Persada Nusantara Bagian dari Keluarga Gerakan Pramuka Nasional, Foto: Sakospn.org

WAY KANAN, iNewsWayKanan.id -Pramuka LDII atau Satuan Komunitas Sekawan Persada Nusantara, akhirnya resmi diakui sebagai bagian keluarga Gerakan Pramuka Nasional. Seperti yang tertulis dalam SK Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor: 204 dan 205 Tahun 2013 lalu.

Dilansir dari Sakospn.org bahwa Pramuka bagi LDII bukan hanya sekedar gerakan kepanduan atau berpetualang di alam. Namun, pramuka adalah sarana membentuk generasi mandiri LDII yang berkembang secara intelektual maupun spiritual. Pembentukan dan pengembangan karakter yang diperlukan bangsa Indonesia agar kembali menjadi bangsa yang kuat dan disegani, Rabu (28/12/2023).

Sejak 1970, Pramuka sudah mempunyai nilai historis tersendiri. Sebab, sejak zaman itu, Pramuka menjadi alat pembinaan generasi penerus dalam aspek kemandirian, life skill, dan adversity quotient. Hasilnya, generasi muda mempunyai karakter kuat, tidak mudah terpengaruh hal-hal negatif dalam era globalisasi. Kemudian, LDII membentuk satuan komunitas gerakan pramuka Sekawan Persada Nusantara sebagai wadah gerakan pramuka yang sebelumnya sudah diterima secara luas oleh masyarakat.

Sako dibentuk berdasarkan surat keputusan Kwarnas Pramuka No.002 Tahun 2012 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Satuan Komunitas Pramuka. Berawal dari pembentukan Gugus Depan (Gudep) dengan melampirkan struktur kepengurusan Gudep, data-data anggota serta program kerja minimal setahun. Dari 5 Gudep yang terbentuk, dibuat surat pernyataan untuk bergabung dengan Sako Tingkat Cabang. Setelah resmi, dibuat data kepengurusan Sako Tingkat Cabang untuk dilaporkan ke Kwartir Cabang di wilayahnya.

Editor : Yuswantoro

Follow Berita iNews Waykanan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut