get app
inews
Aa Read Next : Korda PPIR Way Kanan Ucapkan Selamat Ditetapkannya Prabowo dan Gibran sebagai Presiden RI dan Wapres

Mahasiswa KKN UNILA Sukses Melaksanakan Loka karya di Kelurahan Pasar Banjit

Rabu, 10 Januari 2024 | 17:18 WIB
header img
Mahasiswa KKN UNILA Sukses Melaksanakan Loka karya di Kelurahan Pasar Banjit, Foto: GB

WAY KANAN, iNewsWayKanan.id -Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) Universitas Lampung ( UNILA ) melakukan kegiatan lokakarya di Kelurahan Pasar Banjit, Kecamatan Banjit, Kabupaten Waykanan pada Rabu, 10 Januari 2024.

Kegiatan itu dilakukan di Kantor Kelurahan Pasar Banjit dihadiri Lurah Pasar Banjit Ali Nurmuhamad, Sekretaris Lurah Amrullah, Babinsa Pasar Banjit, Pelda Busral Hadi, dan perangkat Kelurahan, Kepala Lingkungan, tokoh masyarakat, pemuka agama hingga bidan desa.

Acara tersebut dibuka dengan sambutan oleh Lurah Pasar Banjit, Ali Nurmuhamd, Dilanjutkan dengan penyampaian program kerja oleh Afrial selaku Koordinator kelurahan. Pada kegiatan Lokakarya preode I ini memaparkan program kerja yang disusun berdasarkan hasil pemetaan potensi dan masalah yang ada di Kelurahan Pasar Banjit.

Tujuan utama dilaksanakannya Lokakarya Tahap Awal di Kelurahan Pasar Banjit adalah untuk menjelaskan permasalahan serta menawarkan solusi untuk permasalahan yang ada. Pada kegiatan ini, para mahasiswa memaparkan 6 program kerja yang akan dilaksanakan selama melakukan KKN di Kelurahan Pasar Banjit. 

Program tersebut diantaranya adalah Penyuluhan tentang pentingnya kesadaran hidup sehat melalui pencegahan stunting, dan Mitigasi berbasis pendidikan serta anti bullying.

Adapun program kerjanya sebagai berikut:

1.Sosialisasi stunting pada orangtua (ibu) terkait gizi yang seimbang pada saat Posyandu. 

2.Sosialisasi anti bullying terhadap anak SD untuk mencegah aksi bullying terhadap anak di bawah umur.

3. Simulasi evakuasi diri saat bencana alam gempa bumi SDN 01 Banjit.

4.Belajar bersama memberikan bimbingan belajar yang santai dan menyenangkan bagi siswa di lingkungan kelurahan Pasar Banjit agar siswa lebih mudah memahami pelajaran yang diajarkan di sekolah ataupun untuk menjawab pertanyaan yang belum terjawab.

5. Sosialisasi pembuatan pupuk dari limbah rumah tangga.

6.Pemasaran pupuk hasil produksi, Program kerja yang disusun mengangkat permasalahan stunting dan Mitigasi berbasis pendidikan, serta anti bullying Terdapat tiga program yang disusun oleh Mahasiswa KKN Kelurahan Pasar Banjit.

Setelah sesi pemaparan program kerja dilanjutkan dengan sesi diskusi yang dipandu oleh Moderator Bintang Puji Anggraini . Poin yang disampaikan pada waktu diskusi adalah mengenai tempat pelaksanaan program serta saran mengenai Progja Progja.

"Program kerja yang disusun diharapkan dapat berkontribusi dalam menanggulangi permasalahan stunting dan Mitigasi," ungkap Lurah Pasar Banjit.

Acara Lokakarya berjalan dengan baik dan lancar, ditutup dan foto bersama.

Editor : Yuswantoro

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut