get app
inews
Aa Read Next : Korda PPIR Way Kanan Ucapkan Selamat Ditetapkannya Prabowo dan Gibran sebagai Presiden RI dan Wapres

Babinsa Bersama Aparatur Kampung dan Warga Perbaiki Jalan Ambruk di Banjar Sakti

Rabu, 17 Januari 2024 | 11:49 WIB
header img
Anggota Babinsa Bersama Warga Perbaiki Jalan akibat Gorong-gorong Ambruk di Jalan Lintas Banjar Sakti, Foto: Pendim WK

WAY KANAN, iNewsWayKanan.id – Dampak terjadinya intensitas curah hujan yang cukup tinggi yang melanda wilayah kabupaten Way Kanan akhir-akhir ini, mengakibatkan jalan di Dusun 3 Cempaka Sakti Kampung Banjar Sakti, kecamatan Baradatu mengalami longsor dan amblas, Rabu (17/1/2024).

Terputusnya akses jalan ini membuat hampir seluruh aktivitas masyarakat setempat lumpuh, pasalnya jalan tersebut menjadi akses utama menuju beberapa desa lainnya.

Aksi gerak cepat pun dilakukan Babinsa Desa Banjar Sakti yaitu Koptu Hendra K Koramil 06/Baradatu bersama warga masyarakat setempat bergotong royong memperbaiki akses jalan tersebut dengan membuat penghubung jalan dari papan agar dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.

Babinsa Koptu Hendra K mengatakan jika tidak diperbaiki sekarang maka akan bisa menghambat aktifitas dan mobilitas masyarakat. Sehingga melalui pembuatan jalan darurat ini diharapkan dapat mempermudah akses para warga masyarakat.


 

Aksi gerak cepat pun dilakukan oleh Danramil 06/Baradatu Letda CZI Edi Zarpait sesaat setelah menerima laporan dari Babinsa langsung menuju ke lokasi kejadian.

Edi Zarpait menuturkan, hujan dengan intensitas tinggi beberapa hari terakhir di sebagian besar wilayah Kabupaten Way Kanan memang sempat membuat warga khawatir. Meskipun kecil kemungkinan datangnya banjir kiriman namun potensi terjadinya tanah longsor sangat besar.

“Potensi tanah longsor terbanyak adalah di jalur ini, Ia pun mengapresiasi tindakan tanggap bencana oleh Tiga Pilar Desa yaitu Kades,Babinsa dan masyarakat yang selanjutnya bersama warga terdekat turun ke TKP untuk segera mengambil tindakan darurat, yaitu membuat jalan dari papan agar dapat di lalui masyarakat," ujarnya.

“Secara hierarki kejadian tersebut telah dilaporkan, termasuk kepada Pemerintah Daerah untuk diambil tindakan lebih lanjut guna mengatasi kejadian bencana jalan amblas ini. Jika melihat tanda tanda alam di sekitarnya, lokasi ini memang berpotensi longsor dengan kerusakan yang lebih parah bahkan jalan akan terputus total,” pungkas Danramil.

Editor : Yuswantoro

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut