get app
inews
Aa Read Next : Jelang Lebaran, Jasad Pelajar Ditemukan Tewas dalam Kondisi Gantung Diri di Lampung

Komeng Hingga Bustami Calonkan Diri sebagai Caleg DPD RI, Ternyata Segini Gaji dan Tunjangannya

Sabtu, 17 Februari 2024 | 16:58 WIB
header img
Komedian Komeng Hingga Bustami Calonkan Diri sebagai Caleg DPD RI, Ternyata Segini Gaji dan Tunjangan yang Didapat keduanya, Foto: Okezone/DPD RI

JAKARTA, iNewsWayKanan.id - Bustami Zainudin anggota DPD RI yang juga mencalonkan diri kembali bersama Komedian Alfiansyah Bustami atau yang dikenal sebagai Komeng. Ternyata segini gaji dan tunjangan yang didapatkan mereka jika lolos jadi DPD RI.

Diketahui bahwa, Bustami Zainudin dan mencalonkan diri sebagai calon anggota legislatif Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Daerah Pemilihan Lampung pada Pemilu 2024 dan berhasil mendapatkan suara terbanyak kedua setelah dr. Jihan Nurlela.

Sedangkan Komeng mencalonkan diri sebagai anggota DPD RI Daerah pemilihan Jawa Barat (Jabar) dengan posisi suara teratas.

Wakil Ketua komite ll DPD RI Bustami Zainudin asli putra Daerah Kabupaten Way Kanan berada di Posisi ke 2 setelah dr. Jihan Nurlela. Data tersebut diperoleh dari penghitungan suara hari ini, Sabtu (17/02/2024) di laman https://pemilu2024.kpu.go.id di pukul 12.01 WIB.

Sebagai informasi juga, berdasarkan hasil suara yang diupload oleh situs pemilu2024.kpu.go.id, Jumat (16/2/2024), Komeng terpantau unggul dalam perolehan suara pemilihan DPD di Jawa Barat. Komeng meraih lebih dari 8 persen suara berdasarkan 31,68 persen hasil penghitungan yang sudah masuk ke sistem real-count KPU.

Hal ini kemudian menimbulkan rasa penasaran pada masyarakat. Dilansir dari Okezone.com, besaran gaji dan tunjangan DPD diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 58 Tahun 2008 tentang Hak Keuangan Administrasi Bagi Ketua Wakil Ketua Dan Anggota Dewan Perwakilan Daerah Serta Mantan Ketua Wakil Ketua Dan Anggota Dewan Perwakilan Daerah Beserta Janda Dudanya.

Dalam Pasal 3 PP tersebut dijelaskan bahwa gaji pokok dan tunjangan jabatan bagi Ketua, Wakil Ketua, dan Anggota Dewan Perwakilan Daerah adalah sama dengan gaji pokok dan tunjangan jabatan Ketua, Wakil Ketua, dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Hal ini berarti besaran gaji yang akan didapatkan Komeng setelah terpilih sebagai anggota DPD akan sama dengan besaran gaji anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

 Berdasarkan aturan diatas, besaran gaji pokok Ketua DPR sebesar Rp 5.040.000, Wakil Ketua DPR sebesar Rp 4.620.000, dan untuk Anggota DPR sebesar Rp 4.200.000. Hal ini menjelaskan bahwa Ketua/Wakil Ketua/Anggota DPD akan mendapatkan gaji dan tunjangan senilai.

Hal ini berarti besaran gaji yang akan didapatkan Komeng setelah terpilih sebagai anggota DPD akan sama dengan besaran gaji anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

 Berdasarkan aturan diatas, besaran gaji pokok Ketua DPR sebesar Rp 5.040.000, Wakil Ketua DPR sebesar Rp 4.620.000, dan untuk Anggota DPR sebesar Rp 4.200.000. Hal ini menjelaskan bahwa Ketua/Wakil Ketua/Anggota DPD akan mendapatkan gaji dan tunjangan senilai.

Selain gaji pokok, dirinya juga akan mendapatkan tunjangan, sesuai dengan yang telah diatur dalam Surat Edaran Setjen DPR RI No.KU.00/9414/DPR RI/XII/2010 dan pada Surat Menteri Keuangan nomor S-520/MK.02/2015 dan juga PP Nomor 75 tahun 2000.

Tunjangan yang akan diterima oleh anggota DPD terbagi menjadi tiga, yaitu tunjangan melekat, tunjangan lain, dan biaya perjalanan dinas. Berikut adalah daftar rincian tunjangan tersebut.

1. Tunjangan melekat

-Tunjangan istri/suami: Rp420 ribu

-Tunjangan anak (maksimal 2): Rp168 ribu

-Tunjangan jabatan: Rp9,7 juta per bulan.

-Tunjangan beras (4 jiwa): Rp198 ribu

-Uang sidang/paket: Rp2 juta

2. Tunjangan lain

-Tunjangan kehormatan: Rp5,5 juta per bulan.

-Tunjangan komunikasi: Rp15, 5 per bulan.

-Tunjangan Peningkatan Fungsi Pengawasan dan Anggaran: Rp3,7 juta.

-Bantuan listrik dan telepon: Rp7,7 juta.

3. Biaya perjalanan

-Uang harian daerah tingkat I (per hari): Rp5 juta.

-Uang harian daerah tingkat II (per hari): Rp4 juta.

-Uang representasi daerah tingkat I (per hari): Rp4 juta.

-Uang representasi daerah tingkat II (per hari): Rp3 juta.

 Jika dijumlahkan, total gaji dan tunjangan Anggota DPD yang akan diterima dalam kurun waktu satu tahun adalah sebanyak Rp71.532.800. Selain itu, anggota DPD juga akan mendapatkan fasilitas lainnya, seperti anggaran pemeliharaan rumah jabatan dan lain-lain.

 

 

....Artikel ini sudah ditayangkan di Okezone.com dengan judul: *Segini Gaji dan Tunjangan yang Didapat Komeng jika Lolos Jadi DPD Jabar*

Editor : Yuswantoro

Follow Berita iNews Waykanan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut