get app
inews
Aa Read Next : Kapolres Pimpin Apel Tekab 308 Presisi Polres Way Kanan, Siap Amankan Pilkada Serentak 2024

Raden Adipati Surya, Sosok Hebat Dibalik Bakal Calon Wakil Bupati Way Kanan Ayu Asalasiyah

Rabu, 21 Agustus 2024 | 13:03 WIB
header img
Raden Adipati Surya, Sosok Hebat Dibalik Bakal Calon Wakil Bupati Way Kanan Ayu Asalasiyah, (Foto: RAS)

WAY KANANiNewsWayKanan.id -Siapa yang tidak mengenal Raden Adipati Surya (Ras) beliau merupakan Bupati Way Kanan aktif yang telah menjabat dari tahun 2015 hingga sampai saat ini. Dari data yang berhasil dihimpun Raden Adipati Surya Merupakan anak ke 3 dari 4 bersaudara bersaudara dari pasangan suami istri H. Raden Kalbadi dan Hj. Yarna yang dimana orang tuanya juga merupakan salah satu tokoh Way Kanan. 

Dari data yang berhasil dihimpun sebelum sukses menjadi Bupati seperti saat ini, beliau diketahui telah menduduki berbagai jabatan penting. Jabatan yang pernah ia duduki yakni PT. Dipati Internusa Palembang, sebagai Komisaris pada tahun 2003, PT Dipati Lampung, sebagai komisaris pada tahun 2005 - 2014, PT Ruberindo Lampung, sebagai komisaris tahun 2005 - 2014. Dan selanjutnya beliau juga pernah menjabat sebagai Ketua Komisi, Ketua Fraksi, dan Ketua DPRD pada tahun 2015 sebelum ia menjabat sebagai Bupati.

Raden Adipati Surya merupakan Bupati yang diusung oleh Partai Demokrat, yang dimana beliau berhasil memenangkan Pemilihan Kepala Daerah Way Kanan pertamanya pada 9 Desember 2015 yang berpasangan dengan Edward Antony.

Diketahui Raden Adipati Surya (RAS) juga aktif di berbagai Organisasi seperti KNPI dan ICMI. bahkan diketahui Adipati juga merupakan mantan kader Partai Golongan Karya (Golkar). Diketahui juga Raden Adipati Surya telah menyelesaikan pendidikan sampai S2 nya di Universitas Bandar Lampung (UBL). 

Diketahui juga dibawah kepemimpinannya yang memasuki Raden Adipati Surya juga berhasil meraih beberapa berbagai penghargaan. Seperti lencana Adhitya Karya Mahadva Yodha, Oleh Pengurus Nasional Karang Taruna Tahun 2019,

Tanda Jasa Kehormatan, Kemenkop dan UKM RI Tahun 2018,

Mangala Karya Kencana, Menko Bidang PMK Tahun 2018,

TOP Regent Of Year 2017, Kemendagri Kemenkominfo Kemdes PDTT RI Tahun 2017,

Paramesti, Kemenkes RI Tahun 2017,

Alumni Kehormatan IPDN Jatinangor, Bandung (Jawa Barat), 

Warga Kehormatan Artileri Marinir

Bupati inisiator Kabupaten Layak Anak

Penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat STBM Berkelanjutan sebagai Kabupaten Stop Buang Air Besar Sembarangan SBABS / ODF. Oleh: Menteri Kesehatan RI.

Tak hanya sampai disitu Raden Adipati Surya juga sukses mengantarkan kedua adiknya berkarier didunia politik sehingga saat ini kedua adiknya menjadi anggota DPRD kabupaten Way Kanan. bahkan salah satu adik kandung nya yang bernama Ayu Asalasiyah pada pemilu beberapa waktu yang lalu meraih suara tertinggi se-kabaputen Way Kanan mencapai 7 ribu lebih perolehan suara. 

Diketahui juga salah satu adik kandung Raden Adipati Surya Ayu Asalasiyah yang baru saja dilantik beberapa hari yang lalu ternyata merupakan bakal calon Wakil Bupati Way Kanan yang berpasangan dengan Ali Rahman pada Pilkada sebelas November mendatang. Dan kita akan lihat dibawah tangan dingin beliau apakah akan kejutan kejutan kembali yang beliau buat untuk sukses mengantarkan sang adiknya kembali. 

Untuk diketahui Bupati aktif Way Kanan Raden Adipati Surya telah menjabat sebagai Bupati selama 2 priode yang dimulai pada tahun 2015 sampai sekarang saat ini. Dan Masa Jabatan nya akan berakhir pada tahun 2024 ini. 

 

Editor : Yuswantoro

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut