Pakaian Adat Bakal Jadi Seragam Sekolah, Catat Tanggalnya!

Komaruddin Bagja
Pakian Adat Bakal Jadi Seragam Sekolah, Catat Tanggalnya! Foto: Sari Salon.

JAKARTA, iNewswaykanan.id - Menurut Peraturan Mendikbud Ristek Nomor 50 tahun 2022 tentang Pakaian Seragam Sekolh Bagi Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, peserta didik dapat mengenakan baju adat pada hari atau acara adat tertentu.


Foto
: FB Vera.
 

Atas dasar aturan tersebut di atas, pakaian adat akan jadi seragam sekolah berdasarkan peraturan terbaru Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek).

Pengenaan baju adat ini mulai berlaku pada 7 September 2022, informasi tersebut dikutip dari laman Direktorat Sekolah Dasar Kemendikbudristek, Selengkapnya, berikut peraturan terbaru tentang seragam sekolah 2022.

Pakaian Adat akan Jadi Seragam Sekolah

Dalam Permendikbud Ristek nomor 50 tahun 2022, peserta didik dapat mengenakan baju adat pada hari atau acara adat tertentu.

Adapun tujuan pengaturan seragam sekolah terbaru ini adalah untuk menanamkan serta menumbuhkan nasionalisme, meningkatkan citra satuan pendidikan, menumbuhkan semangat persatuan dan kesatuan di kalangan peserta didik.

Selain itu, hal ini juga untuk meningkatkan kesetaraan antar siswa tanpa memandang latar belakang sosial ekonomi orang tua atau wali siswa serta meningkatkan disiplin dan tanggung jawab siswa.

Dalam pasal 3 Permendikbud Ristek nomor 50 tahun 2022 disebutkan, ada tiga jenis seragam sekolah yang digunakan siswa SD hingga SMA yakni: 

1. Pakaian seragam nasional 

2. Pakaian seragam pramuka 

3. Pakaian adat.

Editor : Yuswantoro

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network