get app
inews
Aa Read Next : Kota Bandar Lampung Banjir, Viral di Medsos Pengacara Putri Maya Rumanti Soroti Kinerja Walikota

Tarifnya Tembus Miliaran Rupiah, Inilah 5 Pengacara Terkaya di Indonesia

Senin, 27 Juni 2022 | 12:23 WIB
header img
Inilah 5 Pengacara terkaya, tarifnya tembus hingga Miliaran Rupiah (Foto: IG/iNews.id)

WAY KANAN, iNews.id - Sejumlah pengacara terkaya di Indonesia memiliki harta yang melimpah ruah dengan tarif yang sangat fantastis. Profesi pengacara memang dikenal sebagai profesi dengan penghasilan yang besar. Apalagi, jika pengacara tersebut telah memiliki rekam jejak penangan kasus yang baik, sudah tentu tarifnya pun sangat mahal. 

Berbicara pengacara terkaya di Indonesia, agaknya masyarakat akan tertuju pada satu nama yakni Hotman Paris yang selama ini memiliki pamor gemilang. Rekam jejaknya dalam menangani klien yang mayoritas di antaranya adalah para artis ternama membuat stereotip pengacara terkaya melekat padanya. 

Selain Hotman Paris, ada juga beberapa nama yang masuk dalam daftar pengacara terkaya di Indonesia saat ini. Siapakah mereka? Simak ulasan lengkapnya di iNewsWaykanan.id.

1. Hotman Paris Hutapea

Sebutan pengacara terkaya bagi Hotman Paris Hutapea agaknya bukan isapan jempol semata. Pasalnya, pengacara nyentrik yang satu ini memang dikenal memiliki kekayaan melimpah ruah. Ia dikenal sebagai pengacara para artis dengan tarif yang sangat fantastis. Harta kekayaannya bahkan dikabarkan mencapai angka Rp4,5 triliun. Pengacara yang terkenal dengan para aspri cantiknya ini juga memiliki sebagai pengacara Rp30 miliar. 

Dalam satu kali kasus, Hotman Paris bisa dibayar dengan tarif mencapai Rp1,3 miliar. Tak hanya bersumber dari profesinya sebagai pengacara, Hotman juga memiliki sederet bisnis yang turut menambah pundi-pundi kekayaannya. Tak heran, ia kini memiliki harta hingga mencapai triliunan rupiah. 

2. Hotma Sitompul

Hotma Sitompul juga merupakan salah satu pengacara ternama di Indonesia. Ia kerap menangani kasus papan atas yang tentunya membuatnya menerima bayaran yang tak sedikit. Tak hanya dari kalangan artis, kliennya ini juga berasal dari pejabat hingga institusi. Kabarnya, bayaran Hotma Sitompul saat menangani kasus di Kementerian Sosial mencapai Rp3 miliar. Dengan tarif miliaran rupiah ini, tak heran jika Hotma Sitompul menjadi salah satu pengacara terkaya di Tanah Air.

  3. OC Kaligis

Sudah bukan rahasia lagi bahwa OC Kaligis merupakan pengacara dengan harta yang melimpah ruah. Terlepas dari kasus hukum yang sempat menimpanya, pengacara yang satu ini dikenal sebagai seniornya penasihat hukum di Indonesia. Pasalnya, banyak penasihat hukum di Indonesia yang merupakan alumni firma hukum pria bernama lengkap Otto Cornelis Kaligis ini. Salah satunya adalah Hotman Paris. 

Dari berbagai sumber, diketahui bahwa OC Kaligis memiliki bayaran yang fantastis yakni mencapai Rp8 juta per jam. Bayarannya untuk menyelesaikan satu kasus hukum bisa mencapai Rp4 miliar. Ia juga dikabarkan memiliki sejumlah aset berupa rumah di beberapa daerah.

4. Otto Hasibuan

Nama Otto Hasibuan agaknya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Ia semakin dikenal publik dalam kasus fenomenal pembunuhan berencana dengan kopi sianida. Dalam kasus ini, Otto Hasibuan menjadi penasihat hukum dari terdakwa Jessica Kumala Wongso atas kematian Mirna Salihin.

 

Ia juga menangani kasus Djoko Tjandra dalam kasus Bank Bali. Kabarnya, dalam kasus Djoko Tjandra ini, Otto dibayar mencapai angka USD2,5 juta atau sekitar Rp37 miliar. Sebagai pengacara yang menangani kasus-kasus besar dengan bayaran yang fantastis ini, tak mengherankan jika dirinya menjadi salah satu pengacara terkaya di Indonesia.

5. Fredrich Yunadi

Nama Fredrich Yunadi menjadi perbincangan setelah menangani kasus korupsi e-KTP dengan terdakwa Ketua DPR Setya Novanto. Ia ditunjuk sebagai penasihat hukum dari Setnov. Berdasarkan pengakuan Rudy Marjono, tim kuasa hukum Fredrich, pengacara ini dibayar dengan bayaran yang sangat fantastis yakni mencapai angka Rp2 miliar per kuasa. Pada saat itu, ia tengah menangani sebanyak 14 legal action. Dengan demikian, bayarannya mencapai Rp28 miliar. Tak heran, Fredrich Yunadi menjadi salah satu pengacara Indonesia yang memiliki kekayaan melimpah. 

 

Itulah beberapa pengacara terkaya di Indonesia yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber. Beberapa pengacara kondang tersebut kerap menangani kasus besar dengan bayaran selangit.

Editor : Yuswantoro

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut