get app
inews
Aa Read Next : Jelang Lebaran, Jasad Pelajar Ditemukan Tewas dalam Kondisi Gantung Diri di Lampung

Ini 5 Jenis Kopi Robusta Terbaik di Indonesia, Salah Satunya dari Lampung

Sabtu, 30 Juli 2022 | 11:45 WIB
header img
Ini 5 Jenis Kopi Robusta Terbaik di Indonesia, Salah Satunya dari Lampung (Foto: ilustrasi INews.id)

JAKARTA, iNews.id - Bagi penikmat kopi mungkin sudah tidak asing lagi dengan deretan jenis kopi robusta terbaik di Indonesia berikut ini. Sebagai salah satu negara penghasil kopi robusta terbesar di dunia, Indonesia pastinya memiliki beragam jenis kopi robusta.

Bahkan, di setiap daerah di Indonesia memiliki jenis kopi robusta yang berbeda-beda dan tentunya memiliki cita rasa yang khas.

Dirangkum dari berbagai sumber, inilah lima jenis kopi robusta terbaik di Indonesia. Apa saja?

Jenis Kopi Robusta Terbaik di Indonesia.

1. Robusta Lampung

Lampung memang dikenal sebagai salah satu penghasil kopi terbaik di Indonesia. Tak hanya dari Indonesia, penggemar kopi robusta Lampung juga berasal dari mancanegara. 

Dikutip dari website resmi Kementerian Luar Negeri, kopi robusta Lampung menjadi salah satu penyumbang kontribusi ekspor terbesar di Indonesia.

Kopi robusta Lampung ditanam di dataran rendah pada ketinggian 600 mdpl dengan kondisi tanah yang bagus. Hal ini menjadikan kopi robusta Lampung memiliki tekstur yang sangat lembut dengan rasa asam dan pahit, serta memiliki aroma perpaduan antara coklat dan rempah-rempah. 

2. Robusta Flores

Jenis kopi robusta terbaik di Indonesia berikutnya adalah robusta Flores. Di Flores, kopi robusta ini banyak dihasilkan di Ende. 

Kopi jenis ini dikenal memiliki citarasa unik yang merupakan gabungan dari cereal, wheat, nutty, dan good body. Rasanya yang unik membuat kopi asal Flores, NTT ini memiliki banyak penggemar. 

3. Robusta Jawa

Kopi yang satu ini juga dikenal dengan nama Java Mocha. Salah satu daerah penghasil robusta Jawa paling populer adalah Temanggung. Robusta Jawa dari Temanggung ini memiliki keunikan rasa yang bercampur dengan tembakau. 

Cita rasa ini tidak ditemukan pada biji kopi manapun. Selain itu, kopi robusta jenis ini memiliki aroma yang lebih kuat dibandingkan jenis robusta lainnya, serta aroma gula aren dengan keasaman yang dominan. 

4. Robusta Toraja

Meski lebih dikenal dengan kopi arabikanya, namun Toraja nyatanya juga memiliki jenis kopi robusta yang tak kalah nikmatnya. Jenis kopi robusta Toraja memiliki aroma dan cita rasa khas. Kandungan kafein kopi ini jauh lebih tinggi dengan tingkat keasaman yang rendah.

Cita rasanya yang pahit membuat kopi robusta Toraja banyak digunakan untuk membuat kopi instan espresso serta menjadi bahan campuran kopi lainnya untuk menguatkan cita rasa.

5. Robusta Bali Tabanan

Satu lagi jenis kopi robusta terbaik di Indonesia yang wajib dicoba para pecinta kopi. Kopi robusta jenis ini banyak ditanam di daerah Pupuan, Tabanan, Bali. 

Kopi robusta Bali Tabanan memiliki cita rasa yang tidak terlalu pahit. Tak hanya itu, penanaman kopi yang menggunakan metode tumpang sari dengan tanaman kakao (coklat) juga menghasilkan cita rasa kopi unik yang khas coklat. 

Nah, itulah lima jenis kopi robusta terbaik di Indonesia. Mana nih yang sudah pernah kamu coba?

Editor : Yuswantoro

Follow Berita iNews Waykanan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut