get app
inews
Aa
Read Next : Jelang Lebaran, Jasad Pelajar Ditemukan Tewas dalam Kondisi Gantung Diri di Lampung

Inilah Deretan 5 Kota Termuda di Indonesia, No 5 Ada di Lampung

Selasa, 20 September 2022 | 16:30 WIB
header img
Inilah Deretan 5 Kota Termuda di Indonesia, No 5 Ada di Lampung (Foto: FB Bandar Jaya, Lampung Tengah)

Simak deretan kota termuda di Indonesia berikut ini: 

1. Kota Gunungsitoli

Salah satu kota yang berada di Provinsi Sumatera Utara. Kota ini diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Mardiyanto saat itu, 26 November 2008. Topografi Kota Gunungsitoli sebagian besar berbukit-bukit sempit dengan ketinggian bervariasi antara 0-800 mdpl. 

Struktur batuan dan susunan tanah Kota Gunungsitoli umumnya bersifat labil sehingga sering terjadi patahan pada jalan-jalan aspal dan terjadinya longsor.

Kota ini terdiri dari enam kecamatan meliputi Kecamatan Gunungsitoli Idanoi, Kecamatan Gunungsitoli Selatan, Kecamatan Gunungsitoli Barat, Kecamatan Gunungsitoli, Kecamatan Gunungsitoli Alo'oa dan Kecamatan Gunungsitoli Utara. 

Penduduk Kota Gunungsitoli pada 2015 berjumlah 135.995 jiwa yang terdiri dari 66.515 jiwa penduduk laki-laki dan 69.480 jiwa penduduk perempuan dengan mayoritas dihuni oleh Suku Nias. 

2. Tangerang Selatan

Pada 29 Oktober 2008, Kota Tangerang Selatan yang terletak di Provinsi Banten diresmikan. Kota Tangerang Selatan ini berada di 30 km sebelah barat Jakarta dan 90 km sebelah Tenggara Serang atau ibu kota Provinsi Banten.

Editor : Yuswantoro

Follow Berita iNews Waykanan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut