get app
inews
Aa
Read Next : Jejak Karir Sekda Saipul, Birokrat Senior Bakal Calon Kuat Bupati Way Kanan

Terbukti Ampuh, Begini Cara Atasi Hidung Tersumbat dan Mampet Tanpa Minum Obat

Minggu, 25 September 2022 | 08:16 WIB
header img
Terbukti Ampuh, Begini Cara Atasi Hidung Tersumbat dan Mampet Tanpa Minum Obat, Foto: ilustrasi iNews.id

Meski tak menjamin menghilangkan hidung mampet dengan seutuhnya, setidaknya dengan mandi air hangat akan membuat merasa lebih nyaman selama beberapa saat. 

2. Mengompres Wajah dan Hidung dengan Air Hangat

Kompres hangat dapat membantu meredakan nyeri sinus dan membantu membersihkan hidung. Dapat dilakukan dengan menggunakan waslap atau handuk kecil yang direndam air hangat. Kemudian, peras lalu lipat dan meletakkannya di atas dahi atau hidung.

Kompres hidung menggunakan air hangat dapat membantu menenangkan wajah dan meredakan hidung tersumbat. Karena uap air panas dapat membuka saluran hidung dan mengencerkan lendir di hidung.

3. Minum Air yang Cukup

Dengan memperbanyak minum air putih, tubuh akan tetap terhidrasi dengan baik, karena bisa membantu mengencerkan dahak, sehingga membantu pernapasan menjadi terasa lebih lega.

Minuman hangat dan sup panas juga dapat menjadi pilihan untuk mengatasi hidung tersumbat disertai sakit tenggorokan.

4. Mencuci Hidung dan Berkumur dengan Cairan Garam

Melakukan cuci hidung dengan cairan garam secara rutin dapat menggunakan alat khusu cuci hidung dan diisi oleh cairan garam khusus. Kemudian, alirkan cairan dari masing-masing lubang hidung. 

Dengan mencuci hidung dapat menghilangkan hidung tersumbat. Tetapi, perlu konsultasi dengan dokter untuk melakukan cara ini agar hasil yang lebih optimal.

Selain itu, berkumur dengan air adalah cara mudah untuk mengatasi hidung tersumbat, terlebih jika ada lendir di tenggorokan. Cara ini juga membantu meredakan gejala sakit tenggorokan yang berhubungan dengan hidung tersumbat.

Editor : Yuswantoro

Follow Berita iNews Waykanan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut